Lahan PT GBS dan MHP Terbakar

Api diduga berasal dari orang yang tidak bertanggung jawab. Akibat kebakaran tersebut membakar lahan yang baru ditanami pohon berumur satu tahun.

Lahan PT GBS dan MHP Terbakar
SRIPO.COM/Ardani
Tampak petugas polisi, karyawan dan masyarakat bersama-sama memadamkan api di lahan perkebunan PT GBS dan PT MHP, Kamis (10/9).

SRIPOKU.COM, MUARAENIM --- Diduga akibat gesekan alam dan oknum tidak bertanggungjawab, dua lahan perkebunan di PT Golden Blossum Sumatera (GBS) dan PT Musi Hutan Persada (MHP) terbakar, Kamis (10/9/2015).

Dari informasi yang berhasil dihimpun di lapangan, kebakaran lahan di dua tempat berbeda tersebut, yang pertama Rabu (9/9) sekitar pukul 16.00, di lahan milik PT MHP, di Desa Bangun Sari, Kecamatan Gunung Megang, Kabupaten Muaraenim,.

Tepatnya di wilàyah II Blok Caban Desa Welko Sub Blok Cpt 26.a, 26.c, 26.a.1, tanaman Ecaletus seluas tujuh hektare. Dan api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 23.00.

Api diduga berasal dari orang yang tidak bertanggung jawab. Akibat kebakaran tersebut membakar lahan yang baru ditanami pohon berumur satu tahun.

Kemudian, pada hari Kamis (10/9) sekitar pukul 11.00, juga terjadi kebakaran dilahan gambut milik PT GBS, Kabupaten PALI yang diperuntukan untuk perkebunan plasma sawit dan areal belum ditanam seluas 5 Ha.

Asal api dari hutan masyarakat d Km 22, sekitar Desa Sukacinta atau Desa Danau Rata, Kecamatan Sungai Rotan, Muaraenim. Dan sampai saat ini, masih dalam pemadaman dengan menggunakan mesin robin dan watercanon.
Ketika dikonfirmasi ke Kapolres Muaraenim AKBP Nuryanto didampingi Kabagops Kompol Andi Kumara dan Kasubag Humas Iptu Agus Arsyad, membenarkan akhir-akhir ini banyak lahan perkebunan yang terbakar.

Namun sampai saat ini, masih bisa diatasi karena cepat diketahui sehingga api belum membesar dan meluas.
"Saya himbau warga untuk tidak membuka lahan ataupun membersihkan lahan dengan cara membakar," ujar Kapolres..

Penulis: Ardani Zuhri
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved