Market Online Mulai Menggusur Keberadaan Travel Agent

Ternyata masyarakat lebih banyak tertarik ke beberapa perusahaan yang menawarkan konsep market booking online.

Market Online Mulai Menggusur Keberadaan Travel Agent
SRIPOKU.COM/RAHMALYAH
Suasana Kantor TX Travel di Jalan Veteran Palembang, Kamis (27/8) 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG --- Menjamurnya booking online saat ini, mulai berimbas pada sepinya bisnis sejumlah travel agent di Kota Palembang.

Kemudahan dan harga yang murah menjadi faktor penyebab, pembelian tiket atau voucher hotel untuk personal mulai berkurang.

Selain itu, berdasarkan informasi yang dihimpun, ternyata masyarakat lebih banyak tertarik ke beberapa perusahaan yang menawarkan konsep market booking online.

Sepinya pembelian tiket atau voucher hotel untuk personal, dibenarkan Manager Operational TX Travel Palembang cabang Veteran, Risma.

"Penurunan pembelian mulai terasa saat menjamurnya market booking online, misalnya saja laman website Ticket.com, asal punya kartu kredit dan punya aplikasi booking online tersebut di handphone, semuanya beres.

Sementara, kalau dulu calon penumpang kan biasanya datang langsung ke travel agentnya buat beli. Bedanya sih mungkin menurut saya lebih praktis saja," ungkapnya, Kamis (27/8).

Selain itu, Risma mengatakan, untuk di TX Travel saat ini, pembelian masih didominasi oleh pelanggan dari instansi perusahaan." langganan kita didominasi oleh Coorporate, mereka kan yang paling banyak melakukan perjalanan bisnis, demi untuk kemudahaan makanya mereka mempercayakan di travel agent saja untuk pengurusan keberangkatan perjalanan bisnisnya," katanya.

Meski sejumlah travel agent mulai merasakan imbas kemudahan booking online tersebut, sejauh ini untuk penjualan di TX Travel bisa dikatakan cukup stabil

Kalau pun ada penurunan, penurunannya tak terlalu signifikan, naiknya pun juga sama seperti itu, makanya saya bisa bilang stabil untuk soal presentase penjualannya," ungkap Risma.

Adanya sistem booking online, disikapi positif oleh Risma. Menurutnya, hadirnya market penjualan online ini memberikan kemudahan.

"inilah salah satu canggihnya perkembangan teknologi. Beli tiket pun bisa saat sedang santai dan tak perlu datang langsung ke loket penjualan.

Makanya kalau anda datang travel agent suasananya kantornya lengang seperti sekarang, namun karyawan tetap kerja loh, kami memanfaatkan BBM, website, dan via Email juga," tambahnya.

Di sisi lain, kenaikan nilai tukar Dollar terhadap rupiah saat ini, dikatakan Risma mulai memberikan imbas pada kenaikan harga penjualan tiket keberangkatan internasional.

"kan sekarang sistem pembayaraan sudah menggunakan rupiah, jadi mau tidak mau harga tiket yang USD di convert ke Rupiah, sejauh ini konsumen cukup memahami untuk kenaikan harga tiket dalam pembayaran rupiah, mengingat Dollar yang tengah naik," tutupnya.

Penulis: Rahmaliyah
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved