Idul Fitri 1436 Hijriah

28 Napi Bebas di Hari Lebaran

Dengan mendapat remisi masa tahanan 15 hingga 60 hari, secara otomatis 28 napi tersebut bisa langsung menghirup udara bebas di hari lebaran.

28 Napi Bebas di Hari Lebaran
THE GUARDIAN
Ilustrasi 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Hari Raya Idul Fitri tahun ini menjadi berkah tersendiri untuk 28 narapidana (napi) yang mendekam di beberapa lapas yang ada di wilayah Sumsel. Pasalnya, mereka bebas dari masa hukuman tepat dengan perayaan lebaran, yakni Jumat (17/7/2015).

Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivas)Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumsel, Subiyantoro, mengatakan napi yang bisa langsung bebas bertepatan dengan lebaran tersebut dikarenakan masa hukumannya tinggal 15 hari hingga dua bulan lagi.

Dengan mendapat remisi berupa pemotongan masa tahanan 15 hingga 60 hari, secara otomatis 28 napi tersebut bisa langsung menghirup udara bebas di hari lebaran.

"Masa hukuman mereka kurang dari dua bulan. Jadi, begitu menerima remisi, mereka bisa langsung pulang pada 17 Juli, atau tepat pada hari raya," kata Subiyantoro, Minggu (19/7/2015).

Dijelaskan Subiyantoro, remisi yang diberikan kepada 28 napi tersebut dikategorikan sebagai remisi khusus karena diberikan saat hari raya lebaran. Remisi khusus seperti ini juga diberikan saat perayaan umat agama lain, seperti natal atau waisak. Pun begitu dengan remisi HUT Kemerdekaan RI.

Tags
Narapidana
Penulis: Refli Permana
Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved