Breaking News:

Pemprov Sumsel Fokus Perbaikan Jalan Jalur Mudik Lebaran

Perbaikan jalan yang jadi prioritas di antaranya adalah Jambi-Palembang-Kayuagung-OKI.

Penulis: Deryardli | Editor: Soegeng Haryadi
DOK. SRIPOKU.COM
Ilustrasi: Salah satu kondisi ruas jalan dalam wilayah Sumsel yang mengalami kerusakan dan membutuhkan perbaikan. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (PU BM) Sumsel bersama Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Sumatera III, berkoordinasi mendata sekaligus memperbaiki kondisi jalan yang rusak selama bulan Ramadan. Jalan yang dilewati para pemudik menjadi perhatian pemerintah.

Kabid Bina Pelaksanaan Wilayah II Dinas PU BM Sumsel, Yunil Azwan mengatakan, pemerintah sudah sejak sebulan memeriksa kondisi jalan menghadapi bulan puasa dan lebaran.

“Tak cuma jalan provinsi saja yang diperbaiki, tapi bersama BBPJN berkordinasi memperbaiki jalan nasional yang mengalami kerusakan. Tujuannya memastikan jalan yang dilalui untuk pemudik bisa aman dan lancar,” ujar Yunil kepada wartawan di ruang kerjanya, Jalan Ade Irma Nasution Palembang, Rabu (17/6/2015).

Perbaikan jalan yang jadi prioritas di antaranya adalah Jambi-Palembang-Kayuagung-OKI.

Kemudian bagian tengah dari Lubuklinggau-Lahat-Baturaja-Muaraenim hingga ke Lampung Utara dan Bengkulu.

Ia mengatakan, pemerintah menargetkan perbaikan jalan utama yang dilalui pemudik bisa selesai sepekan sebelum lebaran atau H-7. Seperti jalan menuju Sekayu dan Lubuklinggau, Lahat, Muara Enim, Kayuagung, Prabumulih, Tanjung Raja, Lubuk Batang, Hujan Mas, hingga jalan dari Muara Dua ke Danau Ranau.

“Memang masih ada ruas jalan yang jelek. Seperti di Lubuk Batang menuju ke Baturaja. Tapi kita berusaha perbaikan bisa cepat. Untuk jalan nasional, kita sudah menginformasikan ke BBPJN agar bisa diselesaikan juga,” ungkapnya.

Jalan alternatif juga diproyeksikan selesai sebelum lebaran adalah Palembang-Plaju-Kayuagung- Martapura, melintasi jalan Palembang-Prabumulih-Muaraenim-Beringin-Baturaja.

Pemerintah menganggarkan dana hingga Rp 1,1 triliun untuk perbaikan jalan tahun ini.

Kepala UPTD Pelaksana Perbaikan Jalan Jembatan Muba-Sekayu dari Dinas PU BM Sumsel, Arya Darmawan menambahkan, perbaikan jalan juga menyentuh jalur sepanjang 18 kilometer dari Gasing-Tanjung Lago menuju TAA.

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved