KPUD OI: Pengunduran Diri Mawardi Yahya akan Diproses

SK pengunduran diri Mawardi Yahya dari jabatan Bupati OI ditandatangani oleh Kementerian Dalam Negeri sebelum tanggal pembukaan pendaftaran calon

KPUD OI: Pengunduran Diri Mawardi Yahya akan Diproses
SRIPOKU.COM/BERI SUPRIYADI
Anggota KPU Ogan Ilir Divisi Hukum, Amrah Muslimin SE MSi 

SRIPOKU.COM, INDRALAYA - Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Ogan Ilir (OI) Annahrir SAg didampingi anggota KPU divisi Hukum Amrah Muslimin SE MSi menjelaskan, pihaknya sudah mengetahui adanya wacana rencana pengunduran diri Ir H Mawardi Yahya dari Bupati OI.

Annahrir membenarkan rencana itu berdasarkan surat edaran KPU RI No 302/ KPU/VI tertanggal 12 Juni 2015 perihal penjelasan PKPU No 9 tahun 2015 khusus pasal 4 ayat 1 dan ayat 11.

Bahwa petahana tidak berlaku apabila masa jabatan bupati berakhir sebelum pendaftaran calon, lalu petahana mengundurkan diri sebelum proses pendaftaran terjadi, kemudian petahana berhalangan tetap, seperti meninggal dunia.

Dijelaskan Amrah Muslimin, apabila SK pengunduran diri Mawardi Yahya dari jabatan Bupati OI ditandatangani oleh Kementerian Dalam Negeri sebelum tanggal pembukaan pendaftaran calon bupati pada 26-28 Juli mendatang.

Maka, lanjutnya, AW Noviadi (putra Mawardi) tidak termasuk ke dalam Petahana, tentu saja AW Noviadi bisa mendaftar sebagai calon bupati OI.

Sedangkan, apabila SK pengunduran diri Bupati OI disahkan oleh Kemendagri setelah tanggal masa pendaftaran berakhir atau setelah tanggal 28 Juli.

Maka, AW Noviadi tidak bisa mendaftar sebagai calon bupati.

"Pengunduran diri petahana akan kita proses disertai dengan SK dari instansi berwenang dalam hal ini pihak kementerian dalam negeri," jelasnya.

Tags
Ogan Ilir
Penulis: Beri Supriyadi
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved