Liga Spanyol

Panenka Puji Cara Lionel Messi Eksekusi Penalti

Ia menembakkan bola ke arah kanan gawang lawan dengan cara "mencungkil" bola, Guaita bergerak ke kiri sehingga gagal membendung tendangan Messi.

Panenka Puji Cara Lionel Messi Eksekusi Penalti
AFP PHOTO/ ANDER GILLENEA
Penyerang Barcelona Lionel Messi merayakan keberhasilannya mencetak gol ke gawang Athletic Bilbao, pada lanjutan Primera Division, di San Mames, Bilbao, Minggu (8/2/2015). 

SRIPOKU.COM, BARCELONA - Antonin Panenka memuji cara Lionel Messi mengeksekusi penalti saat Barcelona menang 6-0 atas Getafe, pada pertandingan lanjutan Primera Division, di Stadion Camp Nou, Selasa (28/4/2015).

Messi mencetak gol pembuka melalui titik putih pada menit kesembilan. Bintang asal Argentina tersebut melepaskan tendangan panenka untuk mengelabui kiper Vicente Guaita. Ia menembakkan bola ke arah kanan gawang lawan dengan cara "mencungkil" bola, Guaita bergerak ke kiri sehingga gagal membendung tendangan Messi.

Panenka merupakan pelopor gaya eksekusi tendangan penalti seperti itu. Mantan pemain Ceko tersebut melakukannya saat sebagai eksekutor penalti yang menentukan saat melawan Jerman Barat pada final Piala Eropa 1976. Sejak saat itu, tendangan panenka mulai tersohor dan banyak pemain menirunya.

"Itu adalah gol tendangan panenka terbaik yang pernah saya lihat. Tidak terlalu kuat, mengarah ke tengah, dan melambung. Teknikanya sangat mengesankan dan gol tersebut membuktikan talenta luar biasa dirinya," puji Panenka.

"Saya senang pemain berusaha menciptakan tendangan penalti panenka dan wartawan berbicara soal itu. Suporter juga menikmatinya. Pemain seperti Francesco Totti dan Zinedine Zidane pernah mencetak gol serupa. Namun, gol panenka Messi paling indah dari semuanya," lanjutnya.

Editor: Sudarwan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved