In Love With You

Tak Semua Orang Rasakan Cinta pada Pandangan Pertama

Sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa cinta pada pandangan pertama sungguh ada dan dapat terjadi.

Tak Semua Orang Rasakan Cinta pada Pandangan Pertama
ISTIMEWA
Ilustrasi 

SRIPOKU.COM -- Cinta pada pandangan pertama banyak terjadi dalam film maupun cerita fiksi. Meski tak memungkiri, cinta pada pandangan pertama jarang terjadi di dunia nyata. Faktanya sangat sedikit orang yang dapat merasakan pengalaman tersebut. Bahkan, sebanyak 51 persen perempuan, dan 41 persen laki-laki, tak percaya bahwa cinta pada pandangan pertama sungguh nyata dan dapat terjadi.

Namun baru-baru ini, sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa cinta pada pandangan pertama sungguh ada dan dapat terjadi. Dalam sebuah survei yang diadakan terhadap 5.000 responden yang berstatus lajang, dengan rentang usia 21-70 tahun, ternyata 41 persen pria diantaranya mengatakan pernah mengalami cinta pada pandangan pertama. Berbeda jumlah, hanya 29 persen responden wanita yang mengakui pernah jatuh cinta pada pandangan pertama.

Biological anthropologist, Dr. Helen Fisher mengungkapkan bahwa pria cenderung lebih mudah jatuh cinta pada pandangan pertama daripada wanita. Selain itu, pria juga jatuh cinta lebih cepat ketimbang wanita.

"Pria sangatlah visual. Mereka memandang wanita yang menarik pertama kali dari segi fisik, dan hal tersebut memancing romantika cinta lebih cepat. Sedangkan wanita diibaratkan telur yang rapuh. Mereka lebih berhati-hati dalam soal romatisme," ungkap Fisher.

Dr. Fsiher juga mengatakan, bahwa jatuh cinta memiliki tiga tingkatan, yakni cinta romantis, hasrat seksual, dan rasa keterikatan yang kuat.

"Ketika mencapai tiga tingkatan tersebut, maka otak mengeluarkan jumlah hormon dopamine yang lebih banyak dimana dapat mengakibatkan efek ketagihan, obsesi, fokus, energi serta motivasi," ujar Dr. Fisher.

Menurutnya hal tersebut dapat dipancing oleh beberapa hal sederhana seperti misalnya aroma parfum pasangan. Lewat hal tersebut, Anda bisa menciptakan perasaan secara tiba-tiba dan merasa jatuh cinta.

Tags
Cinta
Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved