147 Mahasiswa Kenya Tewas Saat Militan Al-Shabaab Serbu Kampus

Sebanyak 147 orang dibantai secara massal di Universitas Garissa di Kenya. Teror tersebut berlangsung selama 4 jam hingga akhirnya 4 orang pelaku pene

147 Mahasiswa Kenya Tewas Saat Militan Al-Shabaab Serbu Kampus
Shutterstock
Ilustrasi penembakan 

SRIPOKU.COM , KENYA - Sebanyak 147 orang dibantai secara massal di Universitas Garissa di Kenya. Teror tersebut berlangsung selama 4 jam hingga akhirnya 4 orang pelaku penembakan berhasil ditembak.

"Ini hari yang sangat menyedihkan bagi Kenya," kata Menteri Dalam Negeri Joseph Nkaissery terkait kekejian di universitas tersebut.

Jumlah korban meninggal dari penembakan di kampus itu paling tinggi yang pernah terjadi di Kenya sejak pengeboman Kedutaan Besar Amerika Serikat di tahun 1998. Ketika itu, 200 orang meninggal.

Menurut akun twitter resmi dari Pusat Operasi Bencana Nasional Kenya dan media lokal Kenya, jumlah keseluruhan korban tewas mencapai 147 orang. Selain itu, sebanyak 79 orang terluka dan 587 berhasil melarikan diri dari pembantaian itu.

Sementara itu, militan Al-Shabaab mengaku bertanggungjawab terhadap penembakan tersebut. Mereka mendatangi kampus sebelum petang, mereka langsung menembaki para mahasiswa dan menyandera beberapa orang.

Selain itu, para penembak juga sempat mengumpulkan 360 mahasiswa di sebuah gedung, namun beberapa akhirnya mampu melarikan diri.

Aparat keamanan Kenya akhirnya datang dan berhasil menguasai 3 asrama mahasiswa dan menembak para militan.

"Saat-saat seperti ini kita harus lebih waspada, kami akan terus menghadapi musuh-musuh kami dan mengalahkannya," kata Presiden Kenya, Uhuru Kenyatta.

Kampus tersebut biasanya hanya dijaga oleh 4 orang hingga malam hari.

Serangan tersebut lebih mematikan dari serangan Al-Shabaab di pusat perbelanjaan Westgate di Nairobi pada September 2013 silam, ketika itu 67 orang tewas.

Editor: Budi Darmawan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved