Yuk Berkunjung ke "Kebun Binatang Mini" BKSDA Palembang

Dalam masa karantina ini kita terbuka bagi masyarakat yang ingin melihat langsung satw-satwa yang dilindungi negara, tentunya bisa jadi edukasi warga.

Yuk Berkunjung ke
SRIPOKU.COM/WELLY HADINATA
Seekor beruang madu satwa langka dilindungi negara yang diserahkan pemiliknya dan kini dikarantina di Kantor Resort BKSDA Palembang Jalan Kol H Barlian KM 7 Palembang, Kamis (19/3/2015) 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Dalam dua bulan terakhir tahun 2015, BKSDA Resort Kota Palembang telah menerima serahkan satwa secara sukarela dari warga sebanyak tujuh ekor satwa dari berbagai jenis. Diantaranya dua beruang madu yang bernama Koko dan Pupu, sepasang siamang yang memiliki nama Yogi dan Yuki, sepasang burung bayan bernama John Lennon dan Yoko, serta terakhir satwa jenis burung elang asli Pulau Sumatera.

Tampak ke tujuh ekor satwa di karantina di dalam kandang besi sesuai ukurannya dan jenisnya. Setiap harinya ke tujuh satwa dirawat dan dipelhiara agar kondisi satwa tetap sehat dan tidak stres dalam masa transit sebelum dilepaskan ke tempat liar.

"Sementara ini ke tujuh satwa kita karantina dengan baik. Dalam masa karantina ini kita terbuka bagi masyarakat yang ingin melihat langsung satw-satwa yang dilindungi negara, tentunya bisa jadi edukasi bagi warga terhadap pengenalan satwa yang dilindungi negara. Jadi kepada masyarakat yang ingin melihat langsung satwa yang ada saat ini, silakan datang langsung ke BKSDA sebagai menambah edukasi wawasan tentang satwa," ujar M Andriansyah, Kepala Resot BKSDA Kota Palembang.

Seperti Koko dan Pupu, dua ekor beruang madu yang termasuk kategori satwa buas, mendapatkan perawatan khusus dari petugas BKSDA. Bahkan setiap harinya Koko dan Pupu diberi minuman susu dan biskuit sebagai menu makanannya sehari-hari.

Tampak saat diberi minum susu dengan menggunakan botol susu, Koko dan Pupu terlihat sudah jinak dan sedikit manja dengan petugas BKSDA yang merawatnya.

"Sehari Koko ini bisa habis tiga botol susu dan empat keping roti biskuit. Biasanya kalau tidak banyak orang suka guling-guling dan bermain di luar kandang. Tapi agar tidak stres, setiap harinya selalu dimandikan dengan rutin," ujar Sudirman, salah seorang petugas BKSDA yang bertugas merawat satwa yang dikarantina.

Tags
BKSDA
Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved