Disdik Banyuasin Seleksi Ketat Bakal Calon Kepsek

Pihaknya mengaku tidak ingin salah menempatkan personil pada posisi kepala sekolah, karena posisi itu merupakan jabatan yang sangat sentral.

Editor: Soegeng Haryadi
ISTIMEWA

SRIPOKU.COM, BANYUASIN -- Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuasin memastikan akan melakukan seleksi terhadap bakal calon (balon) Kepala Sekolah yang akan ditempatkan di wilayah Kabupaten Banyuasin. Termasuk melakukan evaluasi terhadap pejabat kepala sekolah sehingga pejabat kepala sekolah nantinya benar benar tepat dan mampu membawa perkembangan dunia pendidikan di Banyuasin.

"Pertama kita akan evaluasi seluruh kepala sekolah yang ada, dan ratusan balan kepala sekolah juga akan kembali diseleksi untuk benar benar layak mendapatkan jabatan itu," ungkap Kepala Dinas Pendidikan, Umar Usman, Rabu (18/03/2015).

Ia menegaskan, pihaknya mengaku tidak ingin salah menempatkan personil pada posisi kepala sekolah, karena posisi itu merupakan jabatan yang sangat sentral. Selain itu, pihaknya memastikan tidak ada pejabat titipan yang akan menduduki jabatan kepsek, karena besarnya tanggung jawab serta tugas yang di amanahkan kepada kepala sekolah.

"Mereka tentu harus memiliki kompetensi, potensi untuk menjadi pemimpin dan mengelola sekolah dengan rapi mulai dari teknis dan nonteknis," jelasnya.

Hal ini lanjutnya, sesuai pedoman dan perintah dari Bupati Banyuasin, Yan Anton Ferdian SH, untuk mengecek kompetensi calon kepala sekolah tersebut, apakah ada sistem titipan, memang layak atau tidak untuk mengisi jabatan kepala sekolah tersebut.

Menurutnya saat ini ada sekitar 200 calon kepala sekolah, mulai dari SD, SMP, SMA dan SMK yang ada di Kabupaten Banyuasin dan ratusan kepala sekolah definitif pada segala tingkatan.

Terpisah, Bupati Banyuasin, Yan Anton Ferdian SH, mengatakan kepada kepala dinas pendidikan yang baru dilantik, untuk segera melakukan evaluasi terhadap calon kepala sekolah yang sudah diajukan sebelumnya.

"Jika sudah dilakukan evaluasi, maka akan segera diadakan pelantikan. Karena ada sebagian kepala sekolah yang sudah habis masa jabatannya sebagai kepala sekolah, dan perlu adanya penyegaran," jelasnya.

Ia menyampaikan jabatan kepala sekolah memegang peranan penting terutama dalam peningkatan mutu pendidikan di generasi muda. Semakin baik pendidikan maka akan meningkatkan pembangunan Banyuasin kedepan. (jon/TS)

Tags
kepsek
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved