Piala FA

Arsenal Singkirkan Manchester United

Arsenal yang lebih banyak mengandalkan serangan balik justru mampu unggul lebih dulu saat laga memasuki menit ke-25.

Arsenal Singkirkan Manchester United
AFP
Striker Arsenal, Danny Welbeck (kanan) saat melepaskan tendangan yang berujung gol ke gawang Manchester United pada perempat final Piala FA di Old Trafford, Senin (9/3/2015). 

SRIPOKU.COM, MANCHESTER -- Manchester United (MU) tersingkir dari Piala FA setelah dikalahkan Arsenal 1-2 pada perempat final di Stadion Old Trafford, Senin atau Selasa (10/3/2015) dini hari WIB.

Kemenangan ini juga menghentikan rekor buruk Arsenal jika bertandang ke Old Trafford. Skuad asuhan Arsene Wenger itu terakhir kali mencatatkan kemenangan di kandang MU pada 2006 di ajang Premier League.

Bermain di hadapan pendukungnya sendiri, MU mencoba mengambil alih permainan sejak menit-menit awal. Namun, rapatnya barisan pertahanan Arsenal membuat mereka tampak kesulitan.

Arsenal yang lebih banyak mengandalkan serangan balik justru mampu unggul lebih dulu saat laga memasuki menit ke-25. Adalah Nacho Monreal yang mencatatkan namanya di papan skor untuk mengubah skor 1-0.

Gol tersebut berawal dari aksi Alex Oxlade-Chamberlain di depan kotak penalti MU. Ia lalu memberikan umpan terobosan kepada Monreal, yang langsung meneruskannya dengan tendangan terarah yang bolanya masuk ke pojok kiri gawang MU.

Namun, keunggulan Arsenal tidak bertahan lama. Hanya berselang empat menit, MU berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 setelah Wayne Rooney mampu memaksimalkan umpan silang Angel Di Maria.

Tiga menit sebelum turun minum, MU mendapatkan peluang emas untuk berbalik unggul. Akan tetapi, upaya mereka belum membuahkan hasil karena Wojciech Szczesny mampu mengantisipasi bola tendangan keras Di Maria.

Pada paruh kedua, MU masih mencoba menguasai permainan. Namun, kesalahan Antonio Valencia pada menit ke-61 harus dibayar mahal karena Arsenal mampu memanfaatkan untuk kembali unggul.

Gol tersebut berawal dari kesalahan Valencia saat ingin melakukan backpass kepada David De Gea. Namun, umpan tersebut lemah sehingga berhasil dicuri oleh Danny Welbeck, yang mampu mengecoh De Gea sebelum melepaskan tendangan ke arah gawang MU yang sudah kosong ditinggal sang kiper.

MU berusaha membalas. Namun, para pemain belakang Arsenal tampil cukup disiplin sehingga membuat MU kesulitan mengembangkan permainan. Beberapa kali serangan MU dapat mudah dipatahkan.

Pada menit ke-74, Arsenal mendapatkan peluang emas untuk memperbesar keunggulan. Namun, kali ini giliran De Gea yang melakukan penyelematan gemilang saat mengantisipasi bola tendangan Alexis Sanchez.

MU harus bertanding dengan 10 pemain setelah Di Maria mendapatkan kartu kuning kedua dari wasit pada menit ke-74. Kartu kuning pertama diberikan kepada pemain asal Argentina itu setelah wasit menganggapnya melakukan diving di depan kotak penalti Arsenal.

Mendapat kartu, Di Maria lalu bereaksi dan terlihat seperti mendorong wasit. Ia pun kemudian langsung menerima kartu kuning kedua. Kalah jumlah pemain membuat MU semakin kesulitan menembus pertahanan Arsenal.

Hingga menit-menit akhir, peluang-peluang MU dapat mudah dikandaskan oleh barisan belakang Arsenal. Skor 2-1 untuk tim tamu pun akhirnya tetap bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.

Menurut catatan Kompas.com, sepanjang pertandingan, MU menguasai bola sebanyak 63 persen dan menciptakan lima peluang emas dari 10 usaha. Adapun Arsenal melepaskan 10 tembakan akurat dari sembilan percobaan.

Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved