Dinilai Miliki Konstituen, Muchendi Pantas Maju pada Pilkada OI

Kader lainnya yang dipersiapkan pada Pilkada ada MF Ridho layak diusung sebagai calon Bupati Muba nantinya.

Dinilai Miliki Konstituen, Muchendi Pantas Maju pada Pilkada OI
SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Sumsel, H Muchendi Mahzareki 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Sumsel H Muchendi Mahzareki dinilai pantas maju pada pemilihan bupati Ogan Ilir.

"Di kabupaten OI, ada kader kita (Demokrat) Muchendi sebagai calon bupati. Sementara di OKU Selatan kemungkinan Demokrat mengusung Zainuddin," ungkap Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Sumsel, Chairul S Matdiah SH, Senin (9/2/2015).

Chairul menampik jika dimajukannya nama Muchendi ini hanya karena lantaran ia anak Ketua DPD Partai Demokrat Sumsel dan juga Wagub Sumsel. Melainkan karena dinilai memiliki kualitas dan potensi konstituen.

"Muchendi dianggap kredibel, visioner dan memiliki loyaitas tinggi terhadap partai. Selain itu, berkaca pada Pileg (Pemilu legislatif) 2014 lalu, suara yang diraih Muchendi di Kabupaten OKI dan OI meraih suara signifkan, sekitar 70 ribu," terang Chairul.

Kader lainnya yang dipersiapkan pada Pilkada ada MF Ridho layak diusung sebagai calon Bupati Muba nantinya.

"MF Ridho juga nanti dicalonkan di Kabupaten Muba , dan yang pasti mereka saya anggap memiliki kriteria, cakap dan loyalitas yang tinggi kepada partai," katanya.

Menurut Chairul, dengan persyaratan untuk mengusung calon Bupati minimal memiliki perwakilan di DPRD setempat sebanyak 20 persen dari total kursi yang ada, atau 25 persen suara yang diperoleh dalam Pileg lalu. Ia, menilai partai Demokrat tidak bisa mengusung calonnya sendiri, melainkan harus berkoalisi dengan Parpol lainnya.

"Kemungkinan besar kita akan berkoalisi, mengingat perolehan kursi yang ada disetiap kabupaten tidak mencukupi. Seperti di OI kita meraih 4 kursi," kata Wakik Ketua DPRD Sumsel ini.

Untuk mekanisme pengusungan cabup dari partai Demokrat nanti akan melalui penjaring di setiap daerah yang melaksanakannya. Meskipun, memprioritaskan kadernya yang akan diusung, namun partai Demokrat tetap memberi sinyak kepada calon dari eksternal partai yang akan diusung nanti.

"Nanti Demokrat setiap daerahnya akan buka pendaftaran untuk calon-calon bupati. Demokrat siap mencalonkan kader terbaiknya, tetapi jika ada calon yang baik diluar partai kenapa tidak. Kita siap menampung dengan proses penjaringanya," tegasnya.

Setelah dilakukan penjaringan calon kepala daerah yang potensial diusung, akan dilanjutkan dengan dilakukan survey secara internal partai dengan menggandeng pihak survei independen.

"Keputusan siapa calon yang diusung, nanti ditentukan oleh tim khusus yaitu tim sembilan, atas arahan dari DPP. Karena di Demokrat punya rencana, penunjukan calon kepala daerah merupakan kewenangan struktur partai satu tingkat diatasnya. Jika calon Bupati/Walikota yang menunjuk DPD, sementera untuk calon Gubernur atas rekomendasi DPP," jelasnya.

Sementara H Muchendi Mahzareki sendiri yang dihubungi secara terpisah mengaku belum memikirkan hak tersebut.

"Belum terpikir ke situ. Itu mungkin baru penilaian pengurus partai. Sejauh ini belum. Nantilah," kata Muchendi yang juga Asisten Manajer Tim Sriwijaya FC.

Tags
Ogan Ilir
Penulis: Abdul Hafiz
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved