PBB Dihapus, PAD Palembang Merosot Rp 50 Miliar

Untuk tahun 2014 lalu, realisasi pembayaran PBB oleh masyarakat mencapai lebih dari Rp 96 Miliar.

PBB Dihapus, PAD Palembang Merosot Rp 50 Miliar
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Pemerintah pusat melalui Menteri Agraria dan Tata Ruang berencana akan menghapuskan penarikan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) untuk rumah tinggal mulai tahun 2016 mendatang.

Rencana ini muncul dengan alasan untuk membuat masyarakat merasa hidup di negara sendiri tanpa harus dibebani pajak.

PBB nantinya hanya akan diberlakukan untuk bangunan seperti kontrakan, rumah kos, restoran, hotel, dan bangunan lainnya yang bersifat komersil.

Terkait rencana ini, Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Palembang Agus Kelana mengaku baru mengetahuinya dari pemberitaan sejumlah media nasional.

Pemberitahuan pun belum diterimanya sama sekali, sehingga belum ada bahasan lebih lanjut dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang.

Namun, jika rencana ini benar akan direalisasikan, tentunya akan sangat berdampak bagi pendapatan asli daerah (PAD) kota Palembang.

Ia menyebutkan, untuk tahun 2014 lalu, realisasi pembayaran PBB oleh masyarakat mencapai lebih dari Rp 96 Miliar.

Namun, pihaknya tidak memiliki data secara rinci per kelompok berapa penerimaan PBB untuk tiap bangunan.

"Kalau terealisasi, jelas PAD akan berkurang cukup banyak dari sektor pajak. Kecuali nantinya ada kompensasi atau kita bisa menarik pajak dari objek lain. Tetapi, itu kan baru sebatas wacana saja," ungkapnya, Senin (9/2/2015).

Menurutnya, berdasarkan perhitungan kasarnya, besar penerimaan yang akan berkurang jika rencana ini direalisasikan sekitar Rp 48-50 Miliar per tahun.

"Nantilah kita tunggu keputusan pemerintah pusat, karena penghapusan seperti ini membutuhkan kajian yang sangat dalam, agar tidak menyebabkan kesalahan persepsi," tuturnya.

Penulis: Damayanti Pratiwi
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved