Palembang Bakal Dilintasi Gerhana Matahari Total

Pacific Asia Travel Association (PATA) yang bermarkas di Bangkok Thailand berencana memanfaatkan fenomena alam tersebut sebagai objek wisata.

Palembang Bakal Dilintasi Gerhana Matahari Total
ISTIMEWA
Ilustrasi gerhana matahari total 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Kota Palembang akan menjadi salah satu dari tujuh daerah yang dapat melihat gerhana matahari total tahun depan. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel pun berencana memanfaatkan momen yang takkan terulang dalam 40 tahun ke depan.

Pacific Asia Travel Association (PATA) yang bermarkas di Bangkok Thailand berencana memanfaatkan fenomena alam tersebut sebagai objek wisata. CEO PATA Indonesia, Poernomo Siswoprasetijo mengatakan, pihaknya akan mendatangkan wisatawan dunia ke tujuh daerah di Indonesia.

"Daerah yang akan dilintasi gerhana matahari total itu adalah Bengkulu, Palembang, Bangka Belitung, Balikpapan, Palangkaraya dan Palu serta Ternate. Kita mendukung pemerintah daerah yang diliintasi gerhana memanfaatkan momentum ini untuk mendatangkan wisatawan sebanyak mungkin," katanya saat temu Diskusi Pariwisata di Menara Batavia Jakarta, Kamis (15/1/2014).

PATA Indonesia katanya mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata membantu mempersiapkan Pemerinttah Daerah dan pelaku bisnis pariwisata untuk menyambut gerhana matahari total yang akan terjadi pada 9 Maret 2016 mendatang.

Asosiasi yang berperan dalam pengembangan industri travel dan pariwisata di wilayah Asia Pasific dengan anggota sekitar 1.100 industri pariwisata dari 42 negara terkemuka itu, akan membantu mengembangkan destinasi pariwisata Indonesia.

"Semua hotel di Palu pada bulan Maret 2016 sudah habis dipesan. Ini sungguh peristiwa langka, kiranya dapat kita manfaatkan sebaik baiknya untuk menarik kunjungan wisata sebanyak banyaknya,” ujar Poernomo.

Kepala Dinas Pariwisata Sumsel, Farhat Sukri, menyambut baik langkah yang akan dilakukan oleh PATA. Selain peristiwa gerraha matahari total menurut Farhat, Sumsel akan menggabungkan paket wisata alam dan wisata kuliner nantinya.

"Disamping maih banyak lagi seperti wisata budaya dan olahraga. Kita akan jor-joran mempromosikan wisata baik di dalam maupun keluar negeri, termasuk akan memanfaatkan peristiwa gerhana matahari total untuk menarik wisatawan ke Sumsel," sebutnya.

Penulis: Deryardli
Editor: Soegeng Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved