Buah Manggis Empatlawang "Diekspor" ke Lampung untuk Bahan Baku Obat

Sekarang ini permintaan buah manggis tiap tahunnya meningkat, bagus jika petani mengembangkan tanaman ini.

Buah Manggis Empatlawang
SRIPOKU.COM/WILIEM WIRA KUSUMA
Salah seorang pengepul manggis di Kabupaten Empatlawang mengepak buah manggis untuk dikirim ke Lampung, Jumat (9/1/2015). 

SRIPOKU.COM, TEBINGTINGGI - Buah Manggis atau dalam bahasa latinnya Garcinia Mangostana kini mulai diburu para pedagang di Kabupaten Empatlawang, Provinsi Sumatera Selatan.

Menurut para pengepul buah yang memiliki isi yang berwarna putih dan berasa manis ini, setelah terkumpul dari petani di Empatlawang, buah manggis pun dikirim ke Provinsi Lampung.

"Bukan isinya dek, namun kulitnya yang kita kirim ke Lampung. Katanya sih buat bahan baku obat," kata Nurdin (54) salah seorang pengepul buah Manggis ketika dibincangi Sripoku.com di tempat usahanya, Jumat (9/1/2015).

Dikatakannya, ia membeli buah manggis yang telah masak langsung dari petani.

Namun untuk harga saat ini sedang mengalami penurunan seribu rupiah dari harga semula yaitu Rp 7 ribu lantaran buah manggis yang ada di Empatlawang jauh berkurang.

"Kalau sekarang harganya turun seribu, kita harus kumpulkan agak lama baru dikirim, kalau masih banyak hampir setiap hari kita kirim," ujarnya.

Menurut Nurdin, buah manggis memiliki prospek yang bagus ke depannya, sehingga dia menyarankan agar petani juga menanam pohon manggis sebab manggis tergolong pohon yang cepat berbuah dan tak perlu perawatan ekstra.

"Sekarang ini permintaan buah manggis tiap tahunnya meningkat, bagus jika petani mengembangkan tanaman ini. Jika perawatannya bagus lima tahun pohon manggis mulai berbuah," jelasnya.

Penulis: Wiliem Wira Kusuma
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved