Tips Sehat

Ingin Terhindar dari Serangan Jantung? Konsumsi saja Apel

Baru-baru ini sebuah penelitian dari Oxford University menemukan bahwa mengkonsumsi apel setiap hari bisa mengurangi risiko serangan jantung

Editor: Budi Darmawan

SRIPOKU.COM - APEL merupakan salah satu buah yang identik dengan warna kulit buah yang merah. Hampir semua orang tentu tidak asing lagi dengan bentuk dan rasa apel itu sendiri. Buah ini banyak tersedia di pasar, supermarket atau tempat perbelanjaan yang lebih besar. Karena digolongkan ke dalam buah-buahan, maka apel tentunya mengandung berbagai nutrisi serta vitamin yang berperan penting dalam meningkatkan kualitas kesehatan tubuh seseorang.

Berdasarkan fakta yang telah teruji kebenarannya, berbagai buah-buahan memang mampu mencukupi kebutuhan berbagai nutrisi, vitamin serta serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Tidak mengherankan, masyarakat modern pada zaman sekarang selalu menyelingi berbagai macam buah dalam menu hariannya, tidak terkecuali dengan buah apel itu sendiri. 

Baru-baru ini sebuah penelitian dari Oxford University menemukan bahwa mengkonsumsi apel setiap hari bisa mengurangi risiko serangan jantung dan juga stroke sebesar 40 persen. 

Temuan berasal dari sebuah studi besar setengah juta warga Tiongkok yang kesehatan jantung mereka dilacak selama tujuh tahun oleh peneliti dari Universitas Oxford. "Penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit jantung iskemik (IHD) dan stroke merupakan penyebab utama kematian di seluruh dunia," kata peneliti utama, Dr. Huaidong Du, seperti dilansir laman Daily Mail, Senin (13/10).

"Data kami dengan jelas menunjukkan bahwa makan buah segar dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit jantung iskemik dan stroke. Dan tidak hanya itu, lebih banyak buah yang anda makan maka akan semakin besar pula risiko penurunan serangan jantung," ujar Dr. Du.

Diperkirakan bahwa antioksidan yang terdapat pada buah dan sayur dapat membantu jantung memerangi bahaya bahan kimia yang terjadi secara alami dalam tubuh. (

Sumber:
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved