Ribuan Warga Muba Tonton Lomba Bidar di Sungai Musi

Warga terlihat antusias menyaksikan lomba bidar dan karnaval air ini. Mereka memadati sepanjang pinggiran aliran Sungai Musi

Ribuan Warga Muba Tonton Lomba Bidar di Sungai Musi
SRIPOKU.COM/CANDRA OKTA DELLA
Peserta lomba bidar saling susul sesaat Bupati setelah menembakkan pistol ke udara tanda dimulainya lomba, Selasa (23/9/2014).

SRIPOKU.COM, SEKAYU - Ribuan masyarakat Bumi Serasan Sekate berbondong-bondong memadati lokasi di pinggir aliran Sungai Musi, Kecamatan Sekayu, rute pelaksanaan lomba Perahu Bidar dan Karnaval Air dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-58 Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) tahun 2014, Selasa (23/9/2014).

Warga terlihat antusias menyaksikan lomba bidar dan karnaval air ini. Mereka memadati sepanjang pinggiran aliran Sungai Musi, yakni mulai dari Jembatan Musi hingga Dermaga Sekayu, menyaksikan tim andalan mereka mendayung perahu dan beraksi di atas aliran sungai kebanggaan warga Muba itu.

Berdasarkan pantauan Sripoku.com di lapangan, ketika Bupati Muba H Pahri Azhari menembakkan pistol ke angkasa, tanda dimulainya start bidar tersebut, perahu bidar langsung saling berebut melaju paling depan.

Teriakan penonton yang menyaksikan tidak kalah riuh dengan suara gentongan oleh satu orang penabuh kentongan di atas bidar.

Pada kesempatan yang sama masyarakat yang berada di lokasi start lomba perahu bidar juga dihibur dengan lomba panjat pinang. Ada dua batang pinang yang telah disediakan panitia lengkap dengan berbagai hadiah menarik, di antaranya TV, sepeda, rice cooker, dan perlatan rumah tangga lainnya, serta menyaksikan atraksi jet ski oleh Kepala Dinas Perhubungan Muba, Pathi Riduan dan anggota lanjut diikuti oleh Bupati Muba dan FKPD lainnya.  

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Muba, juga Ketua Panitia Lomba ini, Zainal Arifin ST mengatakan, Karnaval perahu/kapal hias ini diikuti sebanyak 15 peserta dari perwakilan SKPD instansi Pemkab Muba dan kelurahan setempat. Sedangkan untuk lomba perahu bidar diikuti sebanyak 25 tim yang menjadi peserta utusan dari dinas dan ada juga perwakilan dari Kabupaten/Kota di Sumsel.

“Nah untuk pemenang dalam Lomba Bidar ini berhasil dimenangi dari Tim Dinas Perikanan Muba yang berhasil meraih juara pertama setelah mengalahkan Tim BKD dan Diklat Muba dan Tim Dispora Kota Palembang pada pertandingan perahu bidar,” ujarnya.

Bupati Muba H Pahri Azhari mengucapkan selamat kepada para pemenang lomba, dirinya juga senang perlombaan ini berjalan lancar dan mendapat dukungan dari masyarakat, sekaligus menghimbau seluruh masyarakat Muba untuk senantiasa menjaga kebersihan dan ekosisten sungai musi, yang memiliki peran penting bagi pembangunan Kabupaten Muba dan keberlangsungan hidup masyarakat.

“Kita bersyukur lomba perahu bidar dan karnaval perahu hias ini berjalan lancar dan didukung oleh masyarakat, saya juga mengimbau seluruh masyarakat Muba, khususnya yang tinggal di pinggiran sungai, jangan membuang sampah ke sungai, karena Sungai Musi merupakan aset kita bersama yang harus kita jaga dan rawat kebersihan dan kelestarian ekosistemnya, serta untuk menarik wisatawan baik lokal maupun internasional,” pesannya.

Juara pertama Dinas Perikanan mendapat trophy serta uang pembinaan sebesar Rp 15 juta, juara kedua BKD dan Diklat Muba mendapat trophy dan uang pembinaan Rp 10 juta. Sementara juara ketiga Dispora Kota Palembang dan juara harapan satu Dishubkominfo Kabupaten Muba, masing-masing mendapat hadiah berupa trophy dan uang pembinaan Rp 7,5 juta dan Rp 5 juta.

Tags
Muba
Penulis: Candra Okta Della
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved