BPN Pagaralam Programkan 1.000 Sertifikat Tanah Gratis

Kami siap melayani masyarakat untuk membuat sertifikat secara gratis melalui Prona.

SRIPOKU.COM, PAGARALAM - Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Pagaralam memprogramkan akan membuat 1.000 sertifikat gratis melalui Program Nasional (Prona) 2014. Jumlah tersebut akan dibagi di lima Kecamatan yang ada di Pagaralam.

Kepala BPN Drs Zulfikar Zainul MH didampingi Kasubsi pemberian hak atas tanah, Andi Susi mengatakan, pembuatan sertifikat tanah melalui prona bebas biaya, tidak ada pungutan apa pun. Jika ada oknum pegawai melakukan pemungutan biaya maka akan ditindak dan dapat diancam pidana.

"Kami siap melayani masyarakat untuk membuat sertifikat secara gratis melalui Prona. Namun sampai saat ini kita masih BPN mengalami kesulitan mengajak masyarakat untuk membuat sertifikat melalui program tersebut," ujarnya kepada Sripoku.com.

Padahal semua pengurusan sertifikat tersebut di BPN gratis. Namun masyarakat kurang berminat membuatnya. Kondisi tersebut membuat pihak BPN bingung dan menduga ada pungutan di luar yang berhubungan pengurusan surat-menyurat sebagai syarat untuk kelengkapan pembuatan sertifikat Prona.

"Meskipun sudah kirta gratiskan tapi minat masyarakat membuat Serttifikat melalui prona ini sangat rendah. Kami menduga ada hal yang membuat masyarakat enggan membuat atau mengurusnya," jelasnya.

Tags
Pagaralam
Penulis: Wawan Septiawan
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved