Harga Kopi di Empatlawang Tak Kunjung Membaik

Para petani berharap dalam waktu dekat atau kedepannya harga ini tidak komoditi ini tidak menurun.

Harga Kopi di Empatlawang Tak Kunjung Membaik
DOK. SRIPOKU.COM
Ilustrasi 

SRIPOKU.COM, TEBINGTINGGI -- Harga kopi di Empatlawang saat ini tembus Rp 18 ribu perkilogram. Harga tersebut terbilang tak mengalami peningkatan dari beberapa waktu lalu.

Para petani berharap dalam waktu dekat atau kedepannya harga ini tidak komoditi ini tidak menurun, bahkan sebaliknya mengalami peningkatan. Karena, dinilai harga tersebut bila dibandingkan dengan harga kebutuhan lainnya jauh lebih murah.

"Sekarang ini harga kopi di tingkat tauke paling tinggi Rp 18 ribu perkilogramnya. Memang bila dibandingkan jauh sebelumnya mengalami peningkatan yang signifikan. Harapannya, nantinya akan terus mengalami peningkatan, setidaknya Rp 20 ribu perkilogramnya," kata Jamil, seorang warga Talangkelempet, Desa Terusanbaru, Kecamatan Tebingtinggi, kepada Sripoku.com, Jumat (15/8/2014).

Dikatakannya, melihat harga yang belum stabil ini, petani banyak memilih memendam hasil perkebunannya di rumah. Mereka akan menjual kopi, bila harganya tak kunjung meningkat.

"Ya, dengan harga ini bila dihitung dengan biaya perawatan dan pengolahannya tidaklah sebanding. Apalagi, saat ini harga kebutuhan lebih tinggi," katanya.

Penulis: Refli Permana
Editor: Soegeng Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved