Berkas Penyidikan Lima Komisioner KPU Mura Diserahkan le Kejari

Berkas perkara pidana pemilu yang menjerat lima orang komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Musirawas sudah diserahkan

Berkas Penyidikan Lima Komisioner KPU Mura Diserahkan le Kejari
SRIPOKU.COM/AHMAD FAROZI
AKBP Chaidir, Kapolres Musirawas

SRIPOKU.COM, MUSIRAWAS -- Berkas perkara pidana pemilu yang menjerat lima orang komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Musirawas sudah diserahkan penyidik Polres Musirawas ke Kejaksaan Negeri Lubuklinggau.

Kapolres Musirawas AKBP Chaidir kepada Sripoku.com, Rabu (6/8/2014) mengatakan, berkas perkara pidana pemilu tersebut sudah dinyatakan P21. "Sudah P21. Kalau sudah P21 artinya sudah diserahkan dan diterima oleh pihak Kejaksaan," katanya singkat.

Sementara itu, sebelumnya disebutkan, kasus pidana pemilu yang menjerat lima orang komisioner KPU Musirawas sebagai tersangka berawal dari adanya laporan dugaan penggelembungan suara hasil pemilu legislatif 2014.

Indikasi tindak pidana pemilu yang diduga dilakukan komisioner KPU Musirawas, menyangkut tiga pasal dalam Undang-undang No. 8 tahun 2012 tentang pemilu anggota DPR, DPD dan DPRD. Yaitu pasal 287, karena kelalaiannya mengakibatkan perolehan peserta pemilu hilang. Kemudian pasal 309, secara sengaja dengan upayanya mengakibatkan perolehan suara peserta pemilu hilang dan beralih ke peserta pemilu lainnya. Selanjutnya pasal 312, berkaitan dengan penghilangan dokumen.

Penulis: Ahmad Farozi
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved