Breaking News:

Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden

Inggris Beri Ucapan Selamat kepada Jokowi

Inggris menilai Indonesia sebagai mitra penting bagi Inggris, sebagai negara demokrasi terbesar ketiga di dunia yang juga mitra dekat di G20.

BBC
Menteri Luar Negeri Inggris Philip Hammond mengatakan pemilu Indonesia sukses 

SRIPOKU.COM, LONDON -- Pemerintah Inggris melalui Menteri Luar Negeri Philip Hammond mengucapkan selamat kepada presiden terpilih Joko Widodo.

"Saya ucapkan selamat atas kemenangan Joko Widodo dalam Pemilu Presiden 2014 menyusul pengumuman resmi dari Komisi Pemilihan Umum kemarin," kata Hammond dalam pernyataan tertulis yang diterima BBC Indonesia. "Saya juga ucapkan selamat kepada rakyat Indonesia atas kesuksesan sebuah perhelatan demokrasi yang telah dilaksanakan,"

Inggris menilai Indonesia sebagai mitra penting bagi Inggris, sebagai negara demokrasi terbesar ketiga di dunia yang juga mitra dekat di G20.

"Saya berharap dapat bekerjasama dengan Joko Widodo beserta pemerintahan yang dipimpinnya untuk terus membuat kemajuan di sektor-sektor penting tersebut dan semakin memperkuat hubungan antara Inggris dan Indonesia," kata Hammond.

Hammond adalah perwakilan negara asing kesekian yang memberikan ucapan selamat kepada Jokowi.

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga telah menyampaikan ucapan selamat Jokowi pasca penetapan dirinya sebagai pemenang pemilihan presiden oleh Komisi Pemilihan Umum.

"Presiden menelepon presiden terpilih Joko Widodo tadi malam (Selasa, 22/07) yang berisi ucapan selamat kepada Pak Jokowi," kata juru bicara kepresidenan Teuku Faizasyah.

Selain Yudhoyono, Presiden AS Barack Obama juga telah menghubungi Jokowi. "Obama telepon tadi malam ingin mengucapkan selamat tapi waktunya berbarengan dengan pengumuman KPU jadi dia akan telepon kembali hari ini," kata anggota tim pemenangan Jokowi-JK Eva Kusuma Sundari.

Sedangkan Menteri Luar Negeri AS John Kerry dalam pernyataan tertulis mengatakan rakyat Indonesia telah "memberikan contoh kepada dunia.

Menurut Kerry pilpres menunjukkan bahwa Indonesia kembali bersatu memperlihatkan komitmen terhadap proses demokrasi melalui pemilu yang bebas dan adil."

"Amerika Serikat berharap dapat bekerjasama dengan presiden terpilih Joko Widodo untuk meningkatkan kemitraan kita, memajukan cita-cita global kita bersama, serta mengembangkan hubungan antar masyarakat kedua negara," kata isi pernyataan tersebut.

Semua kepala negara Asean juga telah mengucapkan selamat, kata Eva Kusuma Sundari, termasuk Perdana Menteri Malaysia Najib Razak.

Melalui Twitter, Najib menulis, "Selamat untuk @jokowi_do2 yang memenangkan pemilihan presiden Indonesia. Berharap bisa menegaskan kembali hubungan biltateral dan menanti bertemu Anda."

Demikian pula Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, lewat Twitter mengatakan, "Menantikan kerja sama dengannya untuk memperkuat hubungan Indonesia-Singapura."

Penghitungan suara di 33 provinsi menetapkan Joko Widodo-Jusuf Kalla mendapatkan 53,15% suara sementara saingan mereka, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, meraih 46,85% suara.

Tags
Jokowi
Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved