Kru Lepass Sripo Jadi Duta Pariwisata Wakatobi

Siapa mengira, salah satu siswa asal Sumsel bisa menjadi Duta Pariwisata di daerah lain dalam acara Indonesia Youth Forum 2014

Kru Lepass Sripo Jadi Duta Pariwisata Wakatobi
SRIPOKU.COM/YULIANI
Kru Lepass (paling kanan) Rio Al Rasyid dan beberapa peserta lainnya saat dikukuhkan menjadi Duta Pariwisata Wakatobi beberapa waktu lalu.

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Siapa mengira, salah satu siswa asal Sumsel bisa menjadi Duta Pariwisata di daerah lain dalam acara Indonesia Youth Forum 2014. Adalah Rio Al Rasyid, siswa kelas XI SMAN 3 Palembang sekaligus kru Lepass Sripo yang pada tanggal 21-24 Mei 2014 lalu berangkat ke Wakatobi, Sulawesi Tenggara karena lolos seleksi untuk mengikuti acara tersebut.

Rio merupakan salah satu peserta dari 150 pemuda di berbagai daerah se-Indonesia, dan 60 pemuda lokal dari Wakatobi yang dipilih sebagai Duta Pariwisata. Rio saat dihubungi Sripo via telepon, Minggu (1/6/2014) mengatakan, kegiatan tersebut merupakan program
Indonesia Student and Youth Forum, di bawah naungan Kementrian Pemuda dan Olahraga, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Kementrian Pertahanan. Selain itu juga di bawah naungan Coca-Cola Foundation Indonesia, Microsoft, Pertamina, dan lainnya.

"Seleksinya sangat ketat, karena harus memiliki social project dan lulus dalam tes administrasi essay dan interview online," jelasnya.

Selanjutnya, lebih dari 1000 calon peserta akan terpilih sebanyak 40 peserta yang terbagi atas empat group interview, dan lanjut tes online interview.

"Jadi empat dikali 40 ada 160 orang, dan di test interview akan ditanyakan kepada calon peserta oleh panita seputar social project-nya, beberapa hari kemudian baru diumumkan nama yang lulus. Alhamdulillah, saya termasuk," ungkapnya.

Peserta yg memiliki social project terbaik dan ditetapkan sebagai the ambassador IYF, yaitu lanane dari universitas Hasanudin Makassar.
"Seluruh peserta yang ada kemarin berhasil dikukuhkan sebagai duta pariwisata kabupaten Wakatobi selama 2 tahun. Jadi sebagai duta kami akan melakukan sosialisasi tentang Wakatobi biar terkenal," ujarnya.

Rio menambahkan, syarat untuk mengikuti lomba ini harus berusia 17-21 tahun.

"Yang jelas, saya bangga sekali rasanya bisa terpilih sebagai salah satu Duta Pariwisata Wakatobi. Insya-Allah ke depan bersama teman-teman dari daerah lain akan menjalankan program yang sudah dikonsep untuk sektor pariwisata Wakatobi," jelasnya.

Penulis: Yuliani
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved