Pemilu Legislatif

DKPP Lanjutkan Sidang KPU Banyuasin di Sentra Gakumdu Sumsel KM 6

Untuk Ketua Majelis persidangan DKPP yang sebelumnya Ida Budiarti akan digantikan Falina Singka Subekti (anggota DKPP RI).

DKPP Lanjutkan Sidang KPU Banyuasin di Sentra Gakumdu Sumsel KM 6 - dkpp.jpg
SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
Tim DKPP menyidangkan KPU Banyuasin di Bawaslu Provinsi Sumsel, Jumat (16/5/2014) lalu.
DKPP Lanjutkan Sidang KPU Banyuasin di Sentra Gakumdu Sumsel KM 6 - teradu.jpg
SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
Lima komisioner KPU Banyuasin sebagai teradu pada sidang Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) di Bawaslu Provinsi Sumsel, Jumat (16/5/2014) lalu.

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Setelah menyidangkan lima komisioner KPU Banyuasin di Bawaslu Provinsi Sumsel, Jumat (16/5/2014) lalu, Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI kembali melanjutkan persidangan di Sentra Gakumdu (Penegakkan Hukum Terpadu) Provinsi Sumsel Jl Kol H Barlian KM 6 Palembang, Kamis (22/5/2014) pukul 13.30.

"Ya, kalau sidang untuk KPU Sumsel di di ruang sidang DKPP RI Jakarta. Pada waktu yang bersamaan juga besok pukul 13.30 sidang DKPP lanjutan tentang KPU Banyuasin di Sentra Gakkumdu, Km 6 Palembang," ungkap Humas DKPP RI, Susi Dian Rahayu, Rabu (21/5/2014).

Menurut Susi, Ketua Majelis persidangan DKPP saat itu, Ida Budiarti sebelum meninggalkan gedung Bawaslu Sumsel menyatakan pihaknya masih memberikan kesempatan kepada semua pihak untuk menyampaikan bukti-bukti yang lain pada sidang lanjutan. "Majelis masih memberikan kesempatan kepada para pihak untuk mengajukan bukti-bukti," kata Ida Budiarti.

Pada Panel Majelis nanti bakal ada perubahan. Untuk Ketua Majelis persidangan DKPP yang sebelumnya Ida Budiarti akan digantikan Falina Singka Subekti (anggota DKPP RI).

"Nantinya akan didampingi tim pemeriksa daerah dua dari tokoh masyarakat tetap Hj Lishapsari Prihatini, dan Dr Zulfikri Suleman. Lalu dari Bawaslu Sumsel Andika Pranata Jaya SSos. Sedangkan H Aspahani SE Ak MM CA dari KPU Sumsel tidak bisa hadir karena harus mengikuti persidangan di DKPP RI terkait yang disangkakan Caleg Partai Demokrat," kata Susi.

Untuk nama Pengadu Hepri Yadi, Hendri Dunan, Herlambang SH kuasa hukum dari AA Hari Afriansyah. Sedangkan Teradu Ketua (Dahri) dan Anggota KPU Kabupaten Banyuasin (Salinan, Agus Supriantono, Ida Royani, dan Maulidi).

Untuk pokok aduannya, saat rekapitulasi perolehan suara untuk Caleg DPRD Kabupaten Banyuasin
oleh Teradu di KPU Kab Banyuasin pada tanggal 23 April. Teradu mengurangi suara Pengadu di Kecamatan Rantau Bayur.

Seharusnya berdasarkan DA1 PPK Rantau Bayur berjumlah 2.217 suara, namun dalam DB1 mengurangi sebanyak 1.335 suara sehingga suara pengadu di Rantau Bayur berkurang sebanyak 882 suara.

Ketua Bawaslu Sumsel Andika Pranata Jaya SSos membenarkan ada agenda lanjutan sidang kode etik komisioner KPU Banyuasin. "Kita melanjutkan sidang kemarin yang digelar di Bawaslu. Kalau agendanya tidak berubah itu dilaksanakan besok, Kamis (22/5/2014) pukul 13.30 di Gakumdu Sumsel," kata Andika.

Penulis: Abdul Hafiz
Editor: Soegeng Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved