Pemilu Legislatif

KPU Lubuklinggau Diperintahkan Buka Kotak Suara

Tidak seluruhnya, hanya beberapa TPS yang gugatannya masuk ke Mahkamah Konstitusi (MK).

SRIPOKU.COM/AHMAD FAROZI
Efriadi Suhendri, Ketua KPU Lubuklinggau 

SRIPOKU.COM, LUBUKLINGGAU - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Lubuklinggau, Efriadi Suhendri mengatakan, pihaknya diperintahkan oleh KPU-RI untuk membuka kotak suara. Pembukaan kotak suara tersebut bertujuan untuk mengambil formulir C1 Plano dan C1 Hologram dari beberapa TPS.

"Sebagaimana perintah dari KPU pusat, kita diminta buka kotak suara, untuk mengambil C1 Plano dan C1 Hologram. Tidak seluruhnya, hanya beberapa TPS yang gugatannya masuk ke Mahkamah Konstitusi (MK). Kita tidak berani melakukan pembukaan kotak suara dan mengambil C1 tersebut kalau tidak berdasarkan perintah tertulis dari KPU pusat," kata Efriadi Suhendri kepada Sripoku.com, Selasa (20/5/2014).

Namun menurutnya, untuk pembukaan kotak suara guna mengambil C1 Plano dan C1 Hologram tersebut, pihaknya masih berkonsultasi dengan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) setempat. Dimana menurutnya, pihak Panwaslu juga ingin melihat surat perintah tersebut.

"Ya kita sharing-kan dulu dengan Panwaslu, mereka mau lihat surat perintah KPU pusat kita perlihatkan. Kalau Panwaslu keberatan ya mau diapakan, kita juga tidak bisa melaksanakan itu (buka kotak-red). Karena perintah KPU pusat, pembukaan kotak itu harus persetujuan tertulis dari Panwaslu," katanya.

Ditambahkan, C1 Plano dan C1 Hologram yang akan diambil sesuai perintah KPU-RI tersebut, nantinya akan dibawa ke Jakarta, untuk mensinkrronkan data, berkaitan dengan adanya gugatan ke MK.

"Yang diperintahkan dibuka dan diambil sesuai dengan materi gugatan, hanya ada beberapa kotak saja, sabagai alat bukti," pungkasnya tanpa merinci jumlah kotak suara yang diperintahkan dibuka oleh KPU-RI.

Penulis: Ahmad Farozi
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved