Pemilu Legislatif

Komisioner KPU Banyuasin Bakal Hadapi Disidang DKPP

Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) berencana menyidangkan Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Banyuasin.

SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
Ketua KPU Sumsel Aspahani 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) berencana menyidangkan Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Banyuasin.

"Dijadwalkan DKPP akan menggelar sidang terhadap KPU Banyuasin bertempat di Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan, Jumat (16/5/2014) pukul 13.30. Seyogiyanya pukul 16.00. Ini waktunya dimajukan," kata Humas DKPP, Susi Dian Rahayu Humas, Rabu (14/5/2014).

Dijelaskan, untuk nama Pengadu atas nama Hepri Yadi, Hendri Dunan, kuasa hukum dari AA Hari Afriansyah. Sedangkan Teradu Ketua (Dahri) dan Anggota KPU Kabupaten Banyuasin (Salinan, Agus Supriantono, Ida Royani, dan Maulidi).

Untuk pokok aduannya terkait saat rekapitulasi perolehan suara untuk Caleg DPRD Kabupaten Banyuasin oleh Teradu di KPU Kab Banyuasin pada tanggal 23 April, Teradu mengurangi suara Pengadu di Kecamatan Rantau Bayur. Seharusnya berdasarkan DA1 PPK Rantau Bayur berjumlah 2.217 suara, namun dalam DB1 mengurangi sebanyak 1.335 suara sehingga suara pengadu di Rantau Bayur berkurang sebanyak 882 suara.

Tim DKPP yang akan turun ke Sumsel ini Ida Budiarti yang merupakan anggota DKPP dan juga ex officio KPU RI. Dalam tugasnya di Sumsel melibatkan tim pemeriksa daerah. Terdiri dari dua orang dari unsur masyarakat yakni Hj Lishapsari Prihatini, Dr Zulfikri Suleman. Lalu 1 orang dari KPU Sumsel H Aspahani SE Ak MM CA, dan Bawaslu Sumsel Andika Pranata Jaya SSos.

"Betul hari Jumat itu agendanya sidang DKPP di Bawaslu Sumsel. Di situ ada 5 orang. Dua dari tokoh masyarakat, 1 dari KPU, 1 dari Bawaslu, dan 1 dari DKPP. Prosesnya seperti pemeriksaan pembuktian tuntutan yang diminta," kata Ketua KPU Sumsel H Aspahani SE Ak MM CA.

Sementara Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Banyuasin Ida Royani yang tengah mengikuti rapat di KPU Provinsi Sumsel Jl Pangeran Ratu Jakabring Palembang mengaku belum mendapat informasi undangan sidang DKPP.

"Saya belum dapat undangan. Mungkin karena saya masih ikut rapat di KPU Provinsi ini jadi belum tahu apakah di KPU Banyuasin sudah menerima atau belum," kata Ida Royani.

Editor: Soegeng Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved