Pemilu Legislatif

Partai Golkar dan Gerindra Dominasi Perolehan Suara di Pagaralam

Namun demikian, jika dilihat dari segi perolehan suara Partai Golkar dan Gerindra tetap mendominasi pada Pemilu kali ini.

SRIPOKU.COM, PAGARALAM -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pagaralam mengelar rapat pleno penetapan jumlah kusri dan calon terpilih untuk DPRD Kota Pagaralam, Selasa (13/5/2014) dikantor KPU Pagaralam. Rapat pleno dilakukan secara terbuka, namun tetap dijaga ketat aparat keamanan. Rapat pleno tersebut sekaligus menetapkan 25 anggota DPRD terpilih secara resmi.

Pantauan Sripoku.com, Selasa (13/5/2014), sebelum kegiatan rapat pleno dimulai setiap tamu yang masuk ke ruang rapat diperiksa pihak Polisi dengan menggunakan metal detector. Bahkan petugas melakukan pemeriksaan langsung jika ada peserta rapat yang membawa tas.

Dari hasil rapat pleno terbuka tersebut perolehan kursi tidak mencapai lebih dari 3 kursi. Ada 5 parpol yang meraih tiga kursi, meskipun jumlah perolehan suaranya berbeda. Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P), dan Partai Bulan Bintang (PBB). Setiap partai tersebut hanya memperoleh suara sekitar 12,00 persen.

Raihan 2 kursi diraih Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Hati Nurani Rakyat dengan persentase suara sebesar 8,00 persen.

Sedangkan, sisa kursi lainnya masing-masing disabet Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). Kedua parpol ini masing-masing mendapatkan 1 kursi. Persentase perolehan kursi untuk kedua parpol ini adalah sebesar 4 persen.

Namun demikian, jika dilihat dari segi perolehan suara Partai Golkar dan Gerindra tetap mendominasi pada Pemilu kali ini. Total perolehan suara kedua Parpol tersebut hanya terpaut 50 suara. Perolehan dukungan Partai Golkar adalah 10.057 suara sedangkan Partai Gerindra mendapatkan dukungan sebesar 10.007 suara.

Golkar bertengger di posisi puncak dengan raihan suara sebesar 11,92 persen, dan Gerindra sebesar 11,86 persen. Raihan suara kedua parpol tersebut sempat menimbulkan spekulasi tentang siapa akan menduduki jabatan Ketua DPRD Pagaralam untuk periode 2014-2019 mendatang.

Ketua KPU Kota Pagaralam, Hendri didampingi Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan, Rahmat Qori Setiawan mengatakan, dengan berakhirnya rapat pleno tersebut, maka masyarakat Pagaralam saat ini sudah bisa mengetahui siapa saja wakilnya di DPRD Pagaralam untuk periode 2014-2019.

"25 nama sudah kita tetapkan sebagai calon terpilih DPRD Kota Pagaralam. Dari 25 kursi yang ada 15 kursi diduduki oleh anggota baru," ujarnya.

Penulis: Wawan Septiawan
Editor: Soegeng Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved