Pemilu Legislatif

Endang PU Ishak Raih Suara Terbanyak di Ogan Ilir

Secara keseluruhan, jumlah kursi terbanyak diraih oleh Partai Golkar dan Nasdem masing-masing memperoleh 7 kursi di DPRD Kabupaten.

SRIPOKU.COM, INDRALAYA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Ilir (OI), Senin (12/5/2014) kemarin telah resmi menetapkan 40 calon anggota legislatif (caleg) terpilih periode 2014-2019 dari berbagai partai politik (parpol). Penetapan dilakukan dalam rapat pleno terbuka di gedung Lembaga Penjamin Mutau Pendidikan (LPMP) di Km 35 Indralaya.

Rapat pleno tersebut dipimpin langsung Ketua KPU Ogan Ilir Annahrir SAg beserta jajaran dan disaksikan secara langsung masing-masing pihak Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kabupaten OI sekaligus dihadiri para caleg terpilih.

Bidang Pelaksana Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU OI Drs Massuryati mengatakan, suara terbanyak diraih oleh caleg Daerah Pemilihan (Dapil) I dari Partai Golkar yakni Ir Endang PU Ishak MSi. Ia berhasil memperoleh suara terbanyak 3.611 suara. Kemudian, disusul M Karnoviyandri dari Partai Demokrat dengan perolehan 3.465 suara, kemudian peringkat ketiga diraih oleh M Ali HS dari Partai Golkar sebanyak 2.995 suara.

Secara keseluruhan, jumlah kursi terbanyak diraih oleh Partai Golkar dan Nasdem masing-masing memperoleh 7 kursi di DPRD Kabupaten. “Total secara keseluruhan kursi DPRD Kabuapaten OI periode 2014-2019 berjumlah 40 kursi,” terang Ketua KPU OI Annahrir.

Perincian lebih lengkap, total kursi untuk Golkar 7, Nasdem 7, PDIP 5 PPP 5, PAN 5, Demokrat 4, Gerindra 3, PBB 2, serta PKB 1 kursi. “Bagi yang keberatan bisa menyatakan keberatan melalui jalur yang berlaku," ujar Ketua KPU OI Annahrir.

Disinggung soal pimpinan dewan, ia mengatakan parpol yang memperoleh suara terbanyak untuk ketua diraih Golkar, wakil ketua Nasdem dan PDIP karena meski Golkar dan Nasdem sama yakni masing-masing meraih 7 kursi tapi jumlah suaranya lebih besar Golkar 43.124 sementara Nasdem 32.952, untuk wakil 2 diraih PDIP meskipun sama meraih 5 kursi dengan PPP dan PAN, namun berbeda jumlah perolehan suara yaitu PDIP 26. 442 suara PAN 24 ribu suara PPP 23.099 suara.

Terpisah caleg dengan perolehan suara terbanyak dari Golkar H Endang PU Ishak mengatakan sejauh ini KPU OI sudah melakukan rapat pleno prosesnya berjalan baik. "Sebanyak 43 ribu surat suara yang sah, alhamdulillah saya peraih suara terbanyak. Untuk ketua dewan ditetapkan setelah pelantikan, kita akan melakukan rapat golkar internal, sesuai mekanisme partailah," ujarnya.

Tags
Ogan Ilir
Penulis: Beri Supriyadi
Editor: Soegeng Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved