Tuntut Ganti Rugi Lahan, Warga Blokade Jalan PT BSS

Masalah ganti rugi lahan tersebut sebenarnya telah lama terjadi, namun sejak lama dari pihak PT BSS belum juga membayar ganti rugi tersebut.

SRIPOKU.COM/CANDRA OKTA DELLA
Suasana mediasi antara massa yang memblokade jalan dengan pihak PT BSS yang dimediasi oleh Camat Tungkal Jaya dan Polsek Bayung Lencir, Rabu (23/4/2014). 

SRIPOKU.COM, SEKAYU - Puluhan warga Desa Berlian Jaya Kecamatan Tungkal Jaya, Musi Banyuasin (Muba) memblokir jalan menuju PT Bukit Sawit Sejati (BSS). Mereka mendesak PT Bukit Sawit Sejati (BSS) untuk segera membayar uang gunti rugi lahan. Dengan pemblokadean jalan tersebut, puluhan truk pengangkut sawit yang saat itu hendak melintas di lokasi menjadi terhalang dan harus berhenti karena tidak dapat masuk karena terhadang blokade yang dibuat warga. Setelah beberapa jam akhirnya warga mau membuka blokade setelah dilakukan mediasi yang dibantu Camat Tungkal Jaya H Sugeng Riyadi MM, Rabu (23/4/2014)

Berdasarkan data di lapangan, masalah ganti rugi lahan tersebut sebenarnya telah lama terjadi, namun sejak lama dari pihak PT BSS belum jugta membayar ganti rugi tersebut, akhirnya warga yang tidak sabar akhirnya memblokade jalan masuk menuju PT BSS sehingga puluhan truk tidak dapat lewat. Beruntung tidak ada aksi anarkis yang dilakukan massa setelah anggota Polsek Bayung Lencir bersama Camat Tungkal Jaya yang saat itu mendapatkan laporan bersama aparat kepolisian langsung turun ke lokasi untuk meredam aksi massa. Setelah melakukan negosiasi, warga bersedia membuka blokade dengan catatan tuntutan mereka dapat terpenuhi.

Camat Tungkal Jaya, H Sugeng Riyadi MM saat dihubungi mengatakan aksi massa sudah reda dan pemerintah kecamatan berjanji akan menjadi fasilitator memecahkan masalah yag terjadi antara pihak perusahaan dengan masyarakat Desa Berlian Jaya.

“Ini masalah lama terkait ganti rugi lahan warga dengan perusahaan, kita sudah menemui pihak perusahaan dan warga untuk melakukan musyawarah pada tanggal 29 April mendatang,” ungkap Sugeng saat dihubungi.

Terpisah, Kapolsek Bayung Lencir, AKP GT Sinaga melalui Kapospol Tungkal Jaya Bripka Mustar mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan pertemuan antara warga, pihak perusahaan dan pemerintah Kecamatan guna membahas permasalahan yang terjadi.

”Kami sedang melakukan pertemuan, nanti kami hubungi kembali, sementara kondisi dalam keadaan aman dan terkendali,“ ujar Mustar.

Penulis: Candra Okta Della
Editor: Soegeng Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved