Pemilu Legislatif

21 Truk Dikerahkan Angkut Logistik ke Penjuru Muaraenim

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Muaraenim, mulai melakukan pendistribusian kotak suara ke wilayah masing-masing.

21 Truk Dikerahkan Angkut Logistik ke Penjuru Muaraenim
SRIPOKU.COM/ARDANI ZUHRI
Tampak petugas KPU Muaraenim dan aparat keamanan melakukan pendistribusian logistik kotak suara ke desa-desa, Minggu (7/4/2014). 

SRIPOKU.COM, MUARAENIM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muaraenim, mulai melakukan pendistribusian kotak suara ke wilayah masing-masing. Pendistribusian dikawal ketat 1 x 24 jam oleh aparat keamanan, Minggu (06/04/2014).

"Sebanyak 21 kendaraan truk akan membawa logistik pemilu legislatif tahun 2014. Untuk dapil II sebanyak 11 truk dan dapil III sebanyak 10 truk. Logistik seluruhnya dalam keadaan tersegel," ujar Ketua KPU Muaraenim Rohani SH melalui Ketua Divisi Logistik Eko Supriyanto.

Menurut Eko, untuk tahap pertama kotak suara, dikirim dua Daerah Pemilihan (Dapil) yakni Dapil II (Kabupaten PALI) yang meliputi Kecamatan Talang Ubi, Abab, Tanah Abang, Penukal Utara dan Penukal. Kemudian Dapil III yakni Kecamatan Muara Belido , Sungai Rotan, Gelumbang, lembak, dan Kelekar. Untuk tahap pertama pendistribusian logistik tersebut diutamakan bagi daerah yang jauh dan medannya agak berat dengan menggunakan 21 truk.

Dikatakan Eko, saat ini pihaknya sedang melakukan penyusunan kotak surat suara yang disimpan di gedung PDKT Jalan Bemban, Kecamatan Muaraenim, untuk dimasukkan ke dalam kendaraan truk yang memang sudah disiapkan oleh pihak panitia.

Untuk pemberangkatan kotak suara lanjut Eko, akan di kawal pihak kepolisian yang berjumlah 40 personil yang di bagi satu truk sekitar 4-5 personil. Untuk Senin (7/4/2014) logistik untuk Dapil IV yang meliputi Kecamatan Rambang Dangku, Kecamatan Lubai, Kecamatan Rambang. Kemudian untuk dapil V meliputi Kecamatan Lawang Kidul, Kecamatan Tanjung Agung, Kecamatan Semende Darat Laut (SDL), Semende Darat Tengah (SDT) dan Semende Darat Ulu (SDU) dan terakhir Dapil I, Selasa (8/4) meliputi Kecamatan Muaraenin, Ujan Mas, Benakat dan Gunung Megang. Untuk kotak suara semuanya sudah tersegel berjumlah 5.508 dari 1.377 TPS. Untuk 326 Desa yang tersebar di 22 Kecamatan.

"Pada tanggal 8 April nanti semua harus sudah tiba di PPS dan tanggal 9 di TPS," tukasnya.

Sementara itu menurut Kapolres Muaraenim, AKBP M Aris melalui Kabag Ops, Kompol Sutrisno, pengamanan dan pengawalan ini untuk menyukseskan kegiatan pemilu baik legislatif maupun pemilihan presiden. Untuk pengamanan, ada beberapa objek yang menjadi tugas polri terkait dengan penyelenggaraan pemilu tersebut yakni harus selalu siap mensukseskan dan mengamankan yang terdiri empat item yakni siap mengamankan kegiatan, mengamankan barang, mengamankan tempat dan mengamankan situasi.

Terkait dengan personial yang diterjunkan saat pendsitribusian logistik akan di kawal anggota polres sebanyak 20 personel dengan menggunakan pakaian lengkap bersenjatakan laras panjang hingga sampai ke PPK. Setelah itu pengamanan menjadi tanggung jawab ketua PPK hingga ke PPS dan TPS yang selanjutnya untuk berkoordinasi dengan pihak polsek setempat.

Penulis: Ardani Zuhri
Editor: Soegeng Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved