Tukang Bata Temukan Puluhan Perkakas Emas

Kabar penemuan perkakas berlapis emas di pekarangan milik Tohir tersebut dengan cepat menyebar ke warga.

KOMPAS.COM
Warga menunjukkan serpihan emas dan manik yang ditemukan saat menggali tanah milik Tohir di Desa Patemon, Krejengan, Kabupaten Probolinggo, Rabu (5/2/2014). 

SRIPOKU.COM, PROBOLINGGU — Anton, pembuat batu bata di Desa Patemon, Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, menemukan puluhan perkakas berlapis emas saat menggali tanah merah untuk pembuatan batu bata, Senin (3/2/2014). Perkakas emas yang ditemukan tersebut diduga peninggalan kerajaan di daerah itu.

“Setelah saya gali sekitar 1 meter, awalnya menemukan sendok. Setelah saya gali lagi ternyata ada benda lain yang terbuat dari emas,” terang Anton, Rabu (5/2/2014).

Setelah mendapatkan sendok berlapis emas, Anton terus menggali dengan cangkulnya. Ia pun kembali menemukan benda emas berupa cincin tanpa permata. Lalu, Anton juga menemukan piring berlapis emas.

Kabar penemuan perkakas berlapis emas di pekarangan milik Tohir tersebut dengan cepat menyebar ke warga. Beberapa di antaranya ikut menggali tanah dengan harapan mendapat rezeki.

Mereka pun bersemangat menggali tanah. Hasilnya, seorang warga lain menemukan keris berlapis emas. Benarkah perkakas dari emas tersebut peninggalan kerajaan dahulu? Jika benar, peninggalan kerajaan apa? Hingga kini masih ditelusuri. Pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata masih belum memberikan komentar terkait penemuan ini.

Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved