Penumpang dan Truk Terjebak Lima Hari di Pelabuhan

Ratusan calon penumpang kapal terjebak di pelabuhan Tanjung Api Api (TAA) Banyuasin sejak tanggal 29 Januari 2014.

Penumpang dan Truk Terjebak Lima Hari di Pelabuhan
SRIPOKU.COM/SYAHRUL HIDAYAT
Pintu gerbang pelabuhan penyeberangan Tanjung Api-Api 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Ratusan calon penumpang kapal terjebak di pelabuhan Tanjung Api Api (TAA) Banyuasin sejak tanggal 29 Januari 2014. Mereka yang berasal dari daerah memilih menginap di pelabuhan ketimbang kembali ke rumah.

Salah satu calon penumpang asal Belitang Kabupaten Ogan Komering Ilir Timur (OKU Timur), Dira mengaku bersama delapan orang keluarganya menginap di pelabuhan. Dira yang berencana mencari kerja di Bumi Serumpun Sebalai itu pun harus mengeluarkan dana lebih hingga bisa berangkat.

“Terjebak sudah lima hari. Pengeluaran di pelabuhan saja sudah Rp1,5 juta buat makan dan minum. Saya bawa keluarga delapan orang, rencananya mau ke Bangka cari kerja,” ungkapnya, Minggu (2/2/2014). Tak hanya penumpang, ratusan truk mengantre untuk diseberangkan ke Muntok.

Antrean yang berada di halaman pelabuhan pun dipenuhi truk yang umumnya berisi logistik dan ternak. Sementara di luar halaman, antrian kendaraan mencapai sekitar 500 meter. Namun dengan dimulainya kembali pelayaran hari ini, antrian truk dan calon penumpang berangsur berkurang.

TAA memberangkatkan kapal jenis roro empat dan lima kali sehari menuju pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok Bangka Barat. Saat empat kapal, keberangkatan dimulai pada pukul 10.00 WIB, 12.00 WIB, 14.00 WIB dan 16.00 WIB. Namun jadwal keberangkatan akan menjadi pukul 9.00 WIB, 11.00 WIB, 13.00 WIB, 15.00 WIB dan 17.00 WIB bila bila jumlah kapal mencapai lima unit.

Namun pihak otorita pelabuhan TAA berencana memulai jadwal pelayaran lebih cepat dari sebelumnya, yakni pukul 1.00 WIB dini hari nanti. Dijadwalkan kapal Srikandi milik PT Jembatan Nusantara yang pertama melayani penyeberangan disusul dengan unit lain dari ASDP, Atosim Lampung Pelayaran serta milik Dharma Lautan Utama.

Kepala UPTD ASDP TAA, Mangasi Sinaga belum dapat mengkonfirmasi jadwal keberangkatan kapal hingga saat ini. Yang bersangkutan belum bisa mengkonfirmasi ketika dihubungi Sripoku.com melalui sambungan telepon. (mg5)

Editor: Soegeng Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved