Petugas PPS Datangi Rumah Warga

Untuk itu pihaknya melakukan pengecekan ulang dengan mendatangi langsung rumah warga yang tidak memiliki NIK tersebut.

Petugas PPS Datangi Rumah Warga
SRIPOKU.COM/EVAN HENDRA
Salah satu Petugas PPS Kelurahan Sungaituha saat mendatangi warga untuk menyelesaikan permasalahan DPT yang tidak memiliki NIK. 

SRIPOKU.COM, MARTAPURA – Untuk menghindari adanya mata pilih ganda serta mata pilih bermasalah seperti tidak memiliki NIK, petugas dari Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat desa dan kelurahan mendatangi masing-masing warga untuk melakukan pengecekan ulang nomor Induk Kependudukan (NIK) yang menjadi masalah di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Menurut salah satu petugas PPS di Kelurahan Sungaituga, Kecamatan Martapura, Zulkipli, Minggu (24/11/2013), di kelurahan tersebut ada sekitar 1.437 DPT yang memiliki NIK. Untuk itu pihaknya melakukan pengecekan ulang dengan mendatangi langsung rumah warga yang tidak memiliki NIK tersebut untuk memastikan dan melakukan pendataan ulang.

“Kita melakukan pemeriksaan dengan melihat secara langsung identitas yang dimiliki warga tersebut seperti KTP dan Kartu Kelurga (KK) yang mereka miliki. Nomor NIK yang mereka terera di KK akan dituliskan petugas di lembar verivikasi,” jelasnya.

Menurut Zulkipli, petugas mengalami kesulitan untuk mencari warga yang tidak memiliki NIK karena disebabkan kondisi geografis. Selain itu ada sebagian warga yang cukup sulit ditemui karena aktivitas pekerjaannya.

Penulis: Evan Hendra
Editor: Soegeng Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved