Breaking News:

Ruang Kelas SMPN 1 Muara Belida Ambruk

Mendengar suara gemuruh tersebut, siswa yang sedang belajar spontan berlarian ketakutan keluar menyelamatkan diri.

Penulis: Ardani Zuhri | Editor: Soegeng Haryadi
Ruang Kelas SMPN 1 Muara Belida Ambruk - Roboh1.jpg
SRIPOKU.COM/ARDANI ZUHRI
Salah satu ruang belajar di SMPN 1 Muara Belida di Desa Harapan Mulia, Kecamatan Muara Belida, Muaraenim, yang ambruk.
Ruang Kelas SMPN 1 Muara Belida Ambruk - roboh3.jpg
SRIPOKU.COM/ARDANI ZUHRI

SRIPOKU.COM, MUARAENIM - Diduga tidak kuat menahan beban, sebuah bangunan ruang kelas di SMPN 1 Muara Belida di Desa Harapan Mulia, Kecamatan Muara Belida, Muaraenim, tiba-tiba ambruk. Meskipun tidak menimbulkan korban jiwa, namun siswa sempat kocar-kacir sebab pada saat kejadian suasana sedang belajar, Kamis (21/11/2013).

Menurut tokoh masyarakat Desa Harapan Mulia Kailani, kejadian tersebut terjadi pada hari Selasa (19/11/2013) sekitar pukul 09.00 ketika siswa sedang belajar. Yang pertama kali ambruk adalah WC sekolah. Sialnya ketika ambruk, sebagian materialnya mengenai gedung sekolah yang kondisinya memang sudah memprihatinkan sehingga membuat sebagian atap genteng hancur berhamburan dan beberapa tiang beton patah.

Mendengar suara gemuruh tersebut, siswa yang sedang belajar spontan berlarian ketakutan keluar menyelamatkan diri.

"Gedung sekolah SMP ini, memang sebagian kondisinya sudah lapuk terutama lantainya yang terbuat dari papan," ujar Kailani yang kebetulan rumahnya tidak jauh dari sekolah tersebut.

Sebenarnya, kata Kailani, pihak sekolah sudah berkali-kali mengajukan ke Pemkab Muaraenim untuk melakukan perbaikan namun sepertinya belum dapat. Karena kondisinya semakin parah, akhirnya pihak sekolah mencari ruangan yang kondisinya masih baik untuk digunakan untuk belajar dan mengajar. Namun belum sempat diperbaiki ternyata sekolah sudah ambruk duluan.

"Jika saya lihat secara kasat mata, sepertinya kualitas bangunannya yang kurang baik. Sebab sekolah tersebut baru pada tahun 2007 di rehab dan digunakan tahun 2008, tetapi sudah rusak berat," ujar mantan Kades Harapan Mulia ini.

Camat Muara Belida Budi Purwanto, membenarkan jika ada bangunan di SMPN1 Muara Belida yang rusak. Diduga penyebabnya karena bangunan tidak kuat menahan beban material di atasnya, sehingga ketika semalam diguyur hujan, bangunan roboh. Namun ketika ditanya masalah kondisi belajar mengajar, Budi, mengatakan tidak terlalu masalah sebab memang sudah setahun terakhir ruangan tersebut sudah tidak digunakan untuk belajar karena memang kondisinya sudah lapuk.

Saat ini, pihaknya sudah melaporkan kejadian tersebut ke Bupati Muaraenim dan pihak terkait untuk bisa melakukan perbaikan gedung sekolah tersebut. "Siswanya memang sedang belajar, tetapi diruangan sisi lain, jadi cukup jauh dari ruangan yang ambruk," kilah Camat.

Sementara itu ketika dikonfirmasi ke Sekretaris Diknas Kabupaten Muaraenim Muzakar, mengaku belum mengetahui ataupun laporan dari stafnya tentang ada ruang sekolah yang ambruk tersebut. Namun ia akan segera mencaritahu.

"Saya baru tahu. Nanti saya cek dulu ke staf. Jika sudah dapat nanti saya kasih kabar," ujar Muzakar singkat.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved