KPU Sumsel Diminta Bubarkan Timsel dan Tolak 10 Calon Komisioner

Selain orang dekat penguasa, mereka bukan orang Banyuasin dan mereka juga bukan berdasarkan hasil tes

Syaifuddin Zuhri
Mahasiswa minta KPU Sumsel bubarkan Timsel dan menolak 10 nama calon. 

PANGKALAN BALAI - Mahasiswa Kabupaten Banyuasin mengharapkan KPU Provinsi Sumsel yang akan melakukan uji kepatutan dan kelayakan terhadap calon anggota KPU Banyuasin untuk menolak ke-10 nama calon komisioner yang telah diajukan Timsel calon anggota KPU Banyuasin dan sekaligus membubarkan Timsel dengan membentuk Timsel yang baru.

"Kelima timsel ini orang-orang dekat Bupati Banyuasin dan diragukan kapasitasnya, sehingga kami nilai menyalahi pasal 21 ayat 2 UU no 15 tahun 2011 dimana lima anggota Timsel dari akademisi, profesional dan masyarakat yang memiliki integritas," kata Dwi Phayana saat menyampaikan orasinya dalam aksi unjuk rasa di kantor DPRD Banyuasin, Senin (11/11/2013).

"Selain orang dekat penguasa, mereka bukan orang Banyuasin dan mereka juga bukan berdasarkan hasil tes tetapi ditunjuk. Maka kami minta KPU Sumsel yang baru dilantik untuk membubarkan dan menolak hasil seleksi yang telah dilakukan," katanya.

Ditambahkannya, begitu juga dengan ke-10 calon komisioner yang merupakan produk dari timsel ini merupakan orang-orang titipan penguasa untuk kepentingan pemilu 2014 nanti.

"Jadi kami berharap kepada KPU Sumsel untuk meninjau ulang timsel dan produk yang dihasilkan, karena kami yakin KPU Sumsel yang baru dilantik ini orang-orang profesional dan tidak punya kepentingan dengan penguasa di Banyuasin ini," tegas Dwi berapi-api.

Dan mahasiswa, terang Dwi, tidak cukup di sini saja, namun akan terus mengawal dan akan kembali turun untuk melakukan aksi penolakan.

"Jika ini tidak diakomodir, kami yakin kecurangan pemilu 2009 akan kembali terulang pada pemilu 2014 dimana manipula suara akan kembali terjadi," katanya.

Pengirim:
Syaifuddin-Pangkalan Balai

Editor: Sudarwan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved