Healthy Life

Bermacam Alasan untuk Memulai Lari Pagi

Ada begitu banyak alasan lain yang membuat Anda sebaiknya mulai melakukan olah raga lari.

Bermacam Alasan untuk Memulai Lari Pagi
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi 

SRIPOKU.COM - Ada banyak alasan yang muncul untuk tidak berlari. Tetapi ada begitu banyak alasan lain yang membuat Anda sebaiknya mulai melakukan olah raga lari.

Biaya rendah.
Ya ada sedikit biaya yang mesti dikeluarkan untuk membeli sepatu lari yang tepat untuk berlari. Anggap saja itu sebagai investasi. Tetapi secara keseluruhan, Anda hampir tidak mengeluarkan biaya untuk berlari. Anda bisa berlari di mana saja. Di taman dekat rumah atau cukup keliling komplek. Tinggal pilih tempat yang Anda inginkan dan langsung berlari.

Ajang bersosialisasi.
Anda bisa melakukan olahraga lari sendiri saja atau bersama teman. Bagaimana kalau teman tidak memiliki waktu yang sama dengan Anda? tak perlu khawatir, karena kini sudah banyak kelompok lari yang tersebar di sejumlah kota. Selain memiliki teman berlari, Anda juga berkesempatan berkenalan dengan teman-teman baru.

Menurunkan tekanan darah.
Dalam Female First dijelaskan kalau berlari dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Meningkatkan metabolisme.
Berlari membantu mendongkrak metabolisme dan pembakaran lemak. Bahkan ketika usai berlari, proses metabolisme ini tetap berjalan. Sehingga tubuh tetap melakukan pembakaran kalori.

Menambah energi.
Semua olahraga pada prinsipnya meningkatkan level energi. Satu sesi berlari saja dapat meningkatkan energi Anda dan menghilangkan kelelahan.

Mendongrak rasa percaya diri.
Berlari tidak hanya meningkatkan energi tetapi juga rasa percaya diri Anda. Saat Anda berlari di luar, Anda cenderung lebih merasa lebih baik usai berlatih.

Mengurangi stres.
Saat stres, ada baiknya Anda berlari. Karena berlari akan membuat stres menurun. Berlari mendongkrak kadar serotonin otak. Dan penelitian menunjukkan bahwa olahraga rutin bisa membuat otak lebih tenang.

Mendongkrak ingatan.
Kalau sering lupa menyimpan sesuatu, maka ini saat yang tepat untuk melakukan olahraga lari. Olahraga membantu menjaga pikiran tetap tajam dan bahkan mengurangi simtom kepikunan.

Panjang umur.
Bila Anda bergerak lebih banyak maka Anda lebih cenderung untuk hidup lebih lama dibandingkan yang diam saja. Penelitian mengindikasikan bahwa pelari memiliki disabilitas lebih sedikit juga. (sehatnews)

Tags
Lari pagi
Editor: Soegeng Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved