Pelajar 15 Tahun Wajib Rekam Data E-KTP

agar saat mereka sudah wajib memiliki KTP, proses perekaman data tidak terlalu memakan waktu lama.

SRIPOKU.COM, MUARADUA -- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) OKU Selatan dalam waktu dekat akan melakukan rekam data e-KTP terhadap pelajar berusia 15 tahun.

Ini dilakukan agar saat mereka sudah wajib memiliki KTP, proses perekaman data tidak terlalu memakan waktu lama.

Dikatakan Kadisdukcapil OKU Selatan, Benny Effendi, pihaknya dalam waktu dekat akan mensosialisasikan program tersebut. Adapun yang akan dilakukan adalah dengan mendatangi SMA/SMK yang ada di OKU Selatan.

"Pada sosialisasi itu, kita akan memberitahu siswa berusia 15 tahun wajib merekam data e-KTP. Namun, pencetakan e-KTPnya tetap dilakukan di usia 17 tahun," kata Benny, Minggu (25/8/2013).

Ini dilakukan, lanjut Benny, dikarenakan masih banyaknya pelajar sekolah di OKU Selatan yang sudah berusia 17 tahun belum memiliki e-KTP. Ditengarai, kurangnya sosialisasi dan banyaknya masyarakat yang merekam e-KTP menjadi alasan mengapa hal itu bisa terjadi.
Masih kata Benny, dengan melakukan perekaman e-KTP di usia 15 tahun, para pelajar ini tidak perlu repot lagi begitu usia mereka nantinya 17 tahun. Hanya perlu melakukan panggilan dan yang bersangkutan membawa KK maka pencetakan e-KTP bisa segera dilakukan.

"Untuk memuluskan program ini, kita akan mengirim surat kepada Dinas Pendidikan untuk melakukan sistem perekaman e-KTP ke semua sekolah yang ada di semua kecamatan OKU Selatan. Mudah-mudahan dalam waktu dekat tim bisa road show ke sekolah-sekolah," kata Benny.

Tak hanya menurunkan tim dan alat langsung ke sekolah saja melainkan, Disdukcapil OKU Selatan juga akan meminta kepada setiap camat agar terus melakukan program wajib perekaman. Jadi, pada waktu-waktu tertentu di setiap jam kerja, diharuskan memberikan himbauan dan juga melakukan perekaman E-KTP, kesejumlah masyarakat. Sehingga masyarakat yang belum melakukan perekaman akan lebih mudah melakukan pembuatan E-KTP.

Penulis: Refli Permana
Editor: Eko Adiasaputro
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved