Healthy Life

Seimbangkan Otak dengan Lari Pagi

Berlari dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan paru disamping membuat mood lebih baik sepanjang hari.

Seimbangkan Otak dengan Lari Pagi
ISTIMEWA
Ilustrasi 

SRIPOKU.COM - Bagi kebanyakan orang, lari menjadi olahraga rutin yang dijalani hampir setiap hari. Selain untuk menjaga kebugaran serta kesehatan, lari menjadi waktu bagi diri sendiri.

Tom Aaker, Chief Executive Officer Standard Chartered Indonesia, selalu menyempatkan diri untuk lari pagi sebelum bearngkat kerja. Di selang seling dengan berenang atau bersepeda, Tom menghabiskan 1-1,5 jam waktunya untuk berlari pagi.

Setelah lari pagi, ia akan merasa lebih baik sepanjang hari. Dengan rutin olah raga ini, tubuhnya juga lebih sehat dan bugar. Ini dibuktikan dengan hasil pemeriksaan kesehatan yang menyatakan dirinya memiliki kesehatan dan kebugaran yang baik.

Kalau tidak lari pagi? "Saya bisa grumpy, marah-marah," ujarnya seraya tersenyum.

Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari lari. Berlari dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan paru. Juga menjadi aktivitas kardiovaskular penuh tenaga yang akan memompa lebih banyak oksigen ke seluruh tubuh.

Penelitian bahkan menunjukkan hubungan kuat antara lari dengan otak yang lebih tangkas. Karena manfaat ini pula, sejumlah orang merasa, saat berlari, ide-ide bermunculan termasuk solusi untuk menyelesaikan masalah.

Menurut James P. Brenna, Ph.D, dari Muhlenberg College, Allentown, Pennsylvania, Amerika Serikat, lari memberi kebebasan untuk lebih banyak mengakses bagian dari dalam diri Anda. Dengan kata lain, berlari menjadi waktu untuk melepaskan diri sejenak dari segala sesuatu.

Di sisi lain, berlari akan membantu menyeimbangkan otak. Sebabnya, berlari merupakan aktivitas otak kanan sementara kebanyakan dari kita, sehari-hari, menggunakan otak kiri.

"Bila Anda bekerja terlalu keras dengan sisi otak kiri, Anda tidak memberi kesempatan otak kanan untuk muncul dengan sesuatu," imbuh Michael Sachs, Ph.D, profesor kinesiologi dari Temple University, Philadelphia.

Dengan begitu banyak manfaat yang diperoleh, mengapa Anda tidak mulai mencoba berlari hari ini? (sehatnews)

Tags
Lari pagi
Editor: Soegeng Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved