Catat, Kiat Libur Panjang yang Aman dan Menyenangkan!

Jadikan libur panjang Anda sehat dan menyenangkan bagi segenap keluarga.

Catat, Kiat Libur Panjang yang Aman dan Menyenangkan! - panjang.jpg
IST
Ilustrasi kegembiraan saat menikmati libur panjang. Tetapi jadikan libur panjang Anda aman, sehat dan menyenangkan!
SRIPOKU.COM - Menjelang libur panjang akhir minggu ini, berikut ini disampaikan beberapa kiat yang bisa dimanfaatkan agar perjalanan Anda bersama keluarga atau sendiri berlangsung lancar dan nyaman.

1. Dalam berkendara pastikan Anda dalam kondisi kondisi prima dan tidak sedang mengonsumsi obat-obatan yang menyebabkan rasa kantuk. Kondisi prima membantu Anda untuk lebih waspada dan siaga bila diperlukan.

2. Lengkapi alat pelindung diri seperti helm, pakaian lengkap dan sepatu bila berkendara sepeda motor. Bila melakukan perjalanan ke luar kota yang jauh dan bakal melelahkan sebaiknya tidak menggunakan sepeda motor. Bila menggunakan mobil, pastikan sabuk keselamatan telah terpasang.

3. Bila menggunakan alat transpotasi umum pastikan Anda mengendarai alat transportasi yang laik dengan memastikan ketersediaan alat bantu keselamatan seperti alat pemecah kaca pada bis, alat pemadam kebakaran pada semua moda transportasi, alat pelampung pada transportasi laut dan udara. Lokalisir jalan keluar terdekat bila terjadi keadaan darurat.

4. Patuhi aturan yang berlaku dan bila Anda berkendara dalam waktu lama beristirahatlah setiap 4-6 jam. Perjalanan panjang dan rasa lelah akan sangat berisiko bagi keselamatan.

5. Berkendara membutuhkan konsentrasi, hindari kegiatan lain selagi berkendara seperti menjawab telepon, menulis pesan sms, bbm, email atau kegiatan lain yang dapat membuyarkan konsentrasi berkendara.

6. Pastikan Anda membawa obat-obatan selama perjalanan

7. Catatlah nomor telepon penting dan darurat bila sewaktu-waktu dibutuhkan.

Selamat berhari libur panjang, semoga Allah SWT Tuhan YME senantiasa melindungi kita semua. Have fun be safe! (sehatnews)
Editor: Soegeng Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved