Surat Utang Negara Makin Dimiliki Asing

Kepemilikan Surat Utang Negara (SUN) oleh investor asing makin melambung. Berdasarkan data Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang Departemen Keuangan per 8 Oktober 2009, porsi asing dalam SUN telah mencapai Rp 98,14 triliun. Ini merupakan rekor tertinggi kepemilikan SUN oleh asing di sepanjang tahun ini.

Akhir September 2009 lalu, porsi kepemilikan asing dalam SUN baru sebesar Rp 93,23 triliun. Artinya, selama enam hari transaksi di bulan ini kepemilikan asing dalam SUN sudah naik Rp 4,91 triliun atau 5,27% ketimbang akhir Agustus lalu. Dalam catatan KONTAN, kepemilikan asing dalam SUN sempat mencapai level tertingginya pada Agustus 2008 yaitu sebesar Rp 106,66 triliun.

Analis Obligasi Panin Sekuritas Benyamin Siahaan mengatakan kenaikan porsi kepemilikan asing dalam surat utang kita ke depan masih akan terus bertambah. Menurutnya, pelemahan mata uang dolar Amerika Serikat (AS) terhadap nilai tukar rupiah menjadi kunci tren kenaikan kepemilikan asing di SUN. "Selama dolar AS masih melemah, tak ada alasan bagi asing untuk keluar dari SUN," katanya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved