Kanal

Nama Kepala Kemenag OKU Timur Digunakan Untuk Menipu Mushola hingga Madrasah Lewat SMS

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten OKU Timur, H Abdul Rosid - SRIPOKU.COM/EVAN HENDRA

Laporan wartawan Sripoku.com, Evan Saputra

SRIPOKU.COM, MARTAPURA -- Nama Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten OKU Timur, H Abdul Rosid dicatut orang tidak bertanggungjawab untuk mencari keuntungan dengan mengirimkan Sort Message Service (SMS) kepada sejumlah pengurus masjid, mushola dan madrasyah untuk mencari keuntungan pribadi.

Menanggapi adanya penipuan yang mencatut namanya tersebut, Abdul Rosid dikonfirmasi Rabu (12/9/2018) memastikan dirinya tidak mengetahui dan menghimbau kepada seluruh pihak terkait seperti pengurus masjid, madrasyah dan masyarakat umum untuk tidak terlalu mudah mempercayai informasi yang ada kendati membawa nama pejabat publik.

Baca: Bersinar di Timnas Jerman, Leroy Sane Diyakini Thomas Muller Jadi Pemain Berbahaya

Berdasarkan informasi modus penipuan tersebut dikirimkan orang tidak bertanggungjawab melalui SMS kepada pengurus masjid, atau sejumlah madrasyah untuk memberikan bantuan kepada siswa berprestasi.

Namun dalam pesan singkat tersebut, selain mengatasnamakan Kepala Kankemenag OKU Timur juga meminta calon korbannya menghubungi nomor telepon yang disediakan pelaku.

Baca: Pemkab Muba Tolak Pemasangan Pilar Batas Wilayah Muba-Muratara

Berikut SMS yang dikirmkan pelaku kepada pengurus masjid yang diduga dilakukan untuk menipu. “Asslamualaikum selamat pagi dengan segala hormat ini kami dengan pak mahmud dari kantor kemenag kabupaten OKU TIMUR ini tadi bapak terima rekomendasi bahwa untuk ketua pengurus masjid NURUL hidayah diminta ijin waktunya untuk menghubungi bapak kemenag KABUPATEN yaitu bapak H ABDUL ROSID,SAg.MM hubungi sekarang ada hal penting ada yang disampaikan hubungi no hp 081241712811” isi SMS yang dikirimkan pelaku kepada calon korbannya yang merupakan pengurus masjid.

Baca: Puluhan Driver Online Tergabung dalam ADO Sumsel Somasi Aplikator Grab dan Gojek

Menurut Rosid, dari SMS tersebut diketahui bahwa pelaku sengaja mencantumkan nomor telpon yang mengatasnamakan kepala Kankemenag yang kemudian akan menggiring korbannya untuk melakukan penipuan.

“Setelah mengetahui adanya SMS tersebut, kemudian ada beberapa staff yang melakukan pengecekan dan mereka memastikan itu bukan nomor saya. Kemudian mereka menghubungi dan memberitahukan kepada petugas kankemenag yang lain,” katanya.

Baca: Meski Bersaing dengan Senior, Winger Persija Riko Simanjuntak Optimistis Tembus Skuat Piala AFF 2018

Abdul Rosid juga mengaku dalam beberapa hari terakhir dirinya mendapat telpon dari masyarakat yang mengatakan mendapatkan pesan singkat dari oknum yang mengatasnaman Kepala Kankemenag OKU Timur yang akan memberi mereka bantuan.

“Masyarakat harus berhati-hati jika ada yang mengatasnamakan Kepala Kankemenag untuk meminta bantuan atau akan memberi bantuan. Karena Kemenag OKU Timur tidak pernah menyampaikan surat edaran melalui situs web atau surat seperti yang banyak beredar saat ini berupa pemberian bantuan,” katanya.

Baca: Politeknik Transportasi SDP Palembang Wisuda 56 Taruna

Dia juga menghumbau kepada masyarakat untuk tidak mudah tergiur dengan iming-iming bantuan dari pihak yang tidak bertanggungjawab yang mengatasnamakan siapun yang nantinya dapat merugikan masyarakat itu sendiri.

Penulis: Evan Hendra
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post

Hanyut di Laut sampai ke Jepang selama 49 Hari, Begini Cara Aldi Novel Adilang Bertahan Hidup

Berita Populer