Kanal

Jelang Kejurda hingga Kejurnas, Atlet Federasi Arung Jeram Indonesia Mulai Latihan

Atlet Faji Pagaralam saat memulai Latihan Arung Jeram di Sungai Manak Tanjung Sakti Kabupaten Lahat, Minggu (9/9/2018). - SRIPOKU.COM/WAWAN

Laporan wartawan Sripoku.com, Wawan Septiawan

SRIPOKU.COM, PAGARALAM -- Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Kota Pagaralam mulai melakukah latihan.

Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan Kejuaraan Daerah (Kejurda), Kejuaran Nasional (Kejurnas) di Jawa Barat, dan Pekan Olahraga Provinsi (Poprov) Serta Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua dalam waktu dekat ini.

Ketua Umum FAJI Pagaralam, Anto mengatakan, pihaknya segaja mulai melakukan latihan Arung Jeram jelang berbagai kejuaran tingkat nasional.

Baca: Lebih Gagah dan Agresif, New Honda CB150R Streetfire & New Honda CBR250RR Mengaspal di Sumsel

"Sedikitnya ada 7 atlit yang ikut dalam latihan ini. Untuk tahap awal ini kita lakukan latihan satu minggu sekali, dengan beberapa spot arung jeram yang berbeda setiap latihanya. Hal itu dilakukan agar semua atlit yang kita miliki siap mental, fisik dan tehnik dalam menghadapi kejuaran di tingkat daerah maupun Nasional nantinya" jelasnya.

Dikatakan Anto, jika latihan pertama ini dilakukan di Kecamatan Tanjung Sakti, Kabupaten Lahat, dengan mengarungi Sungai Ayek Tanjung dengan jarak 5 kilometer dengan jarak tempuh sekitar 1 jam.

Baca: Bahagia Kartika Putri Menikah, Arie Untung Buka Rahasia Wanita Palembang Beruntungnyo Habib Usman

"Kita berharap dengan dimulainya latihan lebih awal tersebut atlit Faji Pagaralam dapat semakin siap, karena jalur pada kejuaran nantinya tidak menutup kemungkinan jauh lebih ekstrem dari pada jalur yang kita arungi tersebut," katanya.

Tidak hanya itu, selain melakukan latihan kepada para atlit, pihaknya juga dalam waktu dekat akan melakukan seleksi atlit yang akan di persiapkan untuk mengikuti kejuaran lainya ditingkat yang sama.

Baca: Motor Fasilitas Kantornya Tidak Dikembalikan, Pria Ini Langsung Lapor Polisi

"Program yang paling dekat yang akan kita lakukan yaitu dengan menjalankan pembinaan dan memperkenalkan olahraga ini di tingkat palajar Pagaralam, agar peminat salatu olahraga ekstrem khususnya Arung Jeram di Pagaralam semakin meningkat," jelasnya.

Tidak hanya itu, walaupun saat ini pihaknya sedang fakus dalam melatih dan melakukan pembinaan, namun Faji juga siap dalam mengevakuasi korban bencana alam di Pagaralam maupun daerah lainya. Pasalnya selain atlit kita terlatih dalam arum jeram juga terlatih dalam penyelamatan.

Baca: Bakti Ungkap Berdirinya PT SOM dan Pemprov Melalui Yayasan yang tak Lagi Danai Sriwijaya FC

"Sudah beberapa kali atlit dan parah kru kita turun dalam membantu mengavakuasi korban bencana alam di Pagaralam," pungkasnya.

Penulis: Wawan Septiawan
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post

Fenomena Air Terjun Sedudo Nganjuk Berubah jadi Hitam Pekat, Pengunjung Dilarang Mandi

Berita Populer