Kanal

Jangan Malas Membaca Buku Demi Kesehatan Fisik dan Mental

Sejumlah anak-anak yang tampak serius membaca buku di area Ruang Baca Bebas di Taman Kota Jalan POM IX Palembang, Minggu (15/9/2013). - SRIPOKU.COM/WELLY HADINATA

SRIPOKU.COM - Berdasarkan survei YouGov, lebih sering membaca buku menjadi resolusi paling populer nomor lima tahun ini.

Namun kenyataannya, meluangkan waktu untuk membaca sangatlah sulit karena rutinitas kerja, komitmen sosial, dan segudang aktivitas lainnya.

Berita Lainnya:
Gunakan Teknik Ini, Murid SMA Bantul Ini Mampu Baca Buku 1000 Halaman dalam 10 Menit

Bagaimanapun juga, meluangkan waktu untuk membaca buku adalah hal penting karena memiliki berjuta manfaat untuk kesehatan.

Riset membuktikan orang yang membaca buku secara teratur memiliki tingkat stres dan depresi lebih rendah, juga perasaaan relaksasi yang lebih kuat dibandingkan mereka yang menonton televisi atau gemar memainkan ponsel.

Sue Wilkinson, kepala eksekutif The Reading Agency, sebuah lembaga amal dari Inggris yang bertujuan untuk menginspirasi banyak orang agar gemar membaca, mengatakan banyak orang yang belum menyadari manfaat membaca.

"Manfaat membaca buku bukan ide yang revolusioner. Tapi, banyak orang yang tak menyadari dampak nyata membaca pada kesehatan," paparnya.

Wilkinson menambahkan membaca terbukti 68 persen lebih baik dalam mengurangi tingkat stres daripada mendengarkan musik.

Kabar baiknya lagi, membaca 100 persen lebih efektif daripada minum secangkir teh, 300 persen lebih baik daripada pergi berjalan-jalan dan 700 persen lebih baik dari bermain video game.

Membaca tidak hanya memengaruhi kesehatan mental tetapi juga dapat memengaruhi kesehatan fisik.

Halaman
123
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com

Gadis di Sumbar Diperkosa Teman Pacar saat Kelelahan Mendaki Gunung hingga Akhirnya Tewas

Berita Populer