Kanal

Ini Beberapa Tips Memulai Investasi Reksa Dana dari Bahana TCW

Investasi. -

JAKARTA - Pilihan investasi kini semakin terbuka lebar. Banyak sarana yang disediakan agar masyarakat menanamkan dana mereka, baik melalui reksadana dengan berbagai jenisnya, surat utang negara (SUN), hingga saham yang paling kompleks.

Namun, masyarakat kerap kali masih kebingungan bagaimana cara untuk memulai investasi.

Direktur Utama Bahana TCW Investment Management Edward P Lubis menjelaskan, hal terpenting bagi pemulai untuk memulai investasi adalah dengan merubah pola pikir bahwa investasi hana bisa dilakukan ketika memiliki uang saja. Sebab sekarang, banyak sarana investasi dengan dana minimal Rp 10.000 hingga Rp 100.000.

"Jadi sebenarnya investasi itu dimulai tidak dari berapa uang yang dipunya. Karena barriernya sudah diturunkan, ada yang rangenya mulai dari Rp 10.000 sampai Rp 100.000," jelas dia kepada Kompas.com di kantornya, Kamis (5/9/2018).

Pilihan aset yang bisa diinvestasikan pun bermacam, begitu pula dengan platformnya. Dia menjelaskan, bagi pemula jenis investasi yang paling mungkin dilakukan adalah melalui reksa dana pasar uang.

Sebagai investor pemula, harus diperhatikan jenis investasi yang memiliki risiko kerugian kecil.

"Masuknya bisa lewat macam-macam, visa lewat e-commerce juga. Mulailah dengan yang pasti untung, artinya tingkat kerugiannya kecil sekali, masuklah ke pasar uang, itu pasti tumbuh" jelas dia.

Setelah mantab dengan jenis investasi yang diinginkan, jumlah dana yang akan diinvestasikan bisa dimulai dari nominal terkecil.Hal ini dilakukan untuk mengasah sensitifitas terhadap pergerakan pasar.

Kemudian, jika sudah mulai bisa membaca situasi pasar, jumlah investasi bisa terus ditingkatkan secara bertahap setiap 6 bulan.

"Coba dengan pasar uang dengan amount kecil, kalau sudah merasakan pertumbuhan misalnya dari Rp. 10.000 menjadi Rp 10.200, itu pertumbuhan lho, baru ditambahin setiap 6 bulan," ujar dia.

Halaman
12
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com

Kronologi Lengkap Mahasiswi Dibunuh Pacar di Aceh, Diajak Jalan hingga Pelaku Kabur ke Rumah Ipar

Berita Populer