Kanal

Dolar Makin Menggila, Tempat Penukaran Uang (Money Changer) di Palembang Sepi

Suasana di salah satu tempat penukaran uang (money changer) di Palembang saat dolar Amerika menggila, Kamis (6/9/2018). - SRIPOKU.COM/ODI ARIA SAPUTRA

Laporan wartawan Sripoku.com, Odi Aria Saputra

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Dampak pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika mencapai Rp 15 ribu, nyatanya tidak terlalu berpengaruh terhadap masyarakat Palembang, terutama pemilik mata uang negeri Paman tersebut untuk menukarkannya, Kamis (6/9/2018).

Pantauan Sripoku.com, sejumlah tempat penukaran uang (money changer )di Palembang seperti di Jalan R Sukamto dan Palembang Icon Mall antrean masyarakat yang menukar dolar dapat dihitung menggunakan jari.

Baca: Sampai Tega Lakukan Ini, Sule Terkejut Lihat Perubahan Lina Pasca Bercerai, Rizky Febian Sedih

Dalam satu harinya bahkan tak sampai sepuluh orang yang menukar semenjak beberapa hari terakhir harga dolar melambung tinggi.

Person In Charge PT Mekarindo Abadi Sentosa (MAS) Cabang Palembang, Rina Pancawati mengaku heran dengan sepinya masyarakat yang menukarkan dolar, padahal saat ini kurs mata uang tersebut tengah menggila.

Baca: Tubuh Bocah 5 Tahun di OKUS Ini Bersisik. Orang Tua Curiga Gara-gara Bunuh Ular Saat Hamil

"Sepi banget yang tukar dolar, justru itu anehnya. Padahal kan dolar sedang naik, yang nyimpan dolar belum banyak tukar," ujarnya.

Ia mengatakan, kondisi ini jauh berbanding terbalik dengan saat gelaran Asian Games 2018 yang baru selesai terselenggara beberapa waktu lalu di Palembang.

Saat ajang Asian Games, pihaknya bisa melayani hingga 50 an warga negara asing untuk menukarkan mata uangnya.

Baca: Dulunya Atlet Wushu, Ternyata Sherina Munaf Kesulitan Saat Adegan Bela Diri di Film Wiro Sableng

Bahkan tak hanya dolar, pada saat Asian Games sejumlah mata uang negara lain pun ramai ditukarkan di money changer.

"Asian Games kemarin pembelian rupiah meningkat sekali. Meski saat ini sepi, tetapi tetap saja perbandingannya lebih banyak yang tukar daripada membeli dolar," tegasnya.

Halaman
12
Penulis: Odi Aria Saputra
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post

VIDEO Isak Tangis Kerabat Korban Pembunuhan Bekasi: Tunjukkan Pembunuhnya Tuhan

Berita Populer