Kanal

Dengan Potensi Alam yang Ada, Fadli Optimis Pagaralam Mampu Swasembada Pangan

Wakil Walikota Pagaralam Terpilih, Muhammad Fadli - SRIPOKU.COM/WAWAN SEPTIAWAN

Laporan wartawan Sripoku.com, Wawan Septiawan

SRIPOKU.COM, PAGARALAM-- Kota Pagaralam merupakan salah satu daerah di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang memiliki banyak potensi alam.

Bahkan di Pagaralam segala jenis tanaman pangan bisa dikembangkan dengan kesuburan tanah yang ada.

Untuk itu, Wakil Walikota Pagaralam terpilih Muhammad Fadli akan menjadikan Kota Pagaralam menjadi kota yang memiliki Swasembada Pangan sendiri. Hal ini akan menjadi salah satu program yang akan diterapkan di Pagaralam lima tahun kedepan.

Informasi yang dihimpun Sripoku.com, Rabu (5/9/2018) menyebutkan, Walikota dan Wakil Walikota Pagaralam terpilih yaitu Alpian Maskoni dan Muhammad Fadli mempunyai program unggulan yaitu pengembangan komuditi utama di Pagaralam yaitu kopi dengan program stek kopi.

Baca: Tahun 2019, Pemkot Palembang Targetkan Akses Jalan Brigjen Hasyim ke Jalan Iswayudi Rampung

Baca: Merasa Berada di Puncak Karir, Hakim Ziyech Raih Gelar Gouden Schoen Eredivisie 2018

Program tersebut dinilai selaras dengan program yang juga akan dikembangkan yaitu program Swasembada Pangan. Pasalnya masih banyak lahan yang bisa dijadikan lahan pertanian pangan di Pagaralam.

Wakil Walikota terpilih, Muhammad Fadli mengatakan, jika melihat kondisi potensi alam yang ada di Pagaralam pihaknya yakin akan mampu mewujudkan rencana program swasembada pangan tersebut.

"Potensi alam kita ini sangat mendukung untuk pengembangan swasembada pangan tersebut. Pasalnya untuk areal sawah Pagaralam tidak akan kelurangan air. Sedangkan untuk jenis tanaman pangan lainnya dipastikan akan bisa dilalukan dengan kesuburan tanah di Pagaralam ini," katanya.

Dijelaskannya, swasembada pangan adalah keadaan dimana suatu negara atau daerah dapat memenuhi tingkat permintaan akan suatu bahan pangan sendiri tanpa perlu melakukan impor dari pihak luar.

"Swasembada dapat diartikan sebagai kemampuan untuk memenuhi segala kebutuhan. Jadi kami yakin dengan potensi alam yang ada kita mampu memenuhi segala kebutuhan masyarakat Pagaralam terurama kebutuhan Pangan," jelasnya.

Bahan-bahan makanan yang dapat dikembangkan mulai dari hasil pertanian, perkebunan dan lain-lain.

"Jadi diharapma Pagaralam untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan bahan makanan bisa dipenuhi sendiri tanpa perlu mendatangkan dari pihak luar," ujarnya.(*)

Penulis: Wawan Septiawan
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post

Viral Reaksi Ketum PSSI Edy Rahmayadi Menutup Wawancara Sepihak, soal Insiden Tewasnya The Jak Mania

Berita Populer