Kanal

Pengabdian Kepada Masyarakat, Dosen Teknik UPGRI Edukasi Warga Mariana Banyuasin Olah Air Bersih

Para dosen Fakultas Teknik UPGRI Palembang saat melakukan sosialisasi air bersih kepada warga Kelurahan Mariana kecamatan Banyiasin 1 Kabupaten Banyuasin, Senin (3/9/2018). - SRIPOKU.COM/YULIANI

Laporan wartawan Sripoku.com, Yuliani

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Tak hanya mengaplikasikan ilmunya di dalam kampus, dosen juga dituntut melakukan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan bidangnya.

Kali ini beberapa dosen jurusan Teknik Kimia di Fakultas Teknik UPGRI Palembang kembali turun langsung ke masyarakat untuk mengedukasi pengolahan air bersih kepada warga Kelurahan Mariana kecamatan Banyiasin 1 Kabupaten Banyuasin, Senin (3/9/2018).

Baca: Cara Warga Desa Remanam Jaya OKUS Nikmati Listrik, Rakit Turbin Mini Sendiri Manfaatkan Tenaga Air

Salah satu dosen instruktur, Aan Setentry, ST MT, mengatakan selama ini mutu air yang digunakan sehari-hari yang berasal dari sumur warga air yang digunakan untuk mandi terasa lengket di badan.

Baca: Sopir Ngantuk, Toyota Hilux Hantam Tiang LRT di Jalan Kol H Barlian Km 6 Palembang

Apalagi saat ditampung di bak penampungan, air akan berubah jadi warna kemerahan kadang kehitaman dan terasa asam.

"Untuk itulah kami dari jurusan Teknik Kimia Prodi Teknik Kimia ingin membantu menyelesaikan masalah yang terjadi di lingkungan tersebut," ujarnya.

Baca: Pemkab Muaraenim Sosialisasi Pedoman dan Tata Cara Kerjasama Daerah

Apalagi selama ini untuk memenuhi kebutuhan air bersih umumnya di Sumsel belum sepenuhnya dapat disuplay oleh perusahaan daerah air minum setempat.

"Terutama untuk penduduk yang berdomisili di pedesaan dan di pinggiran kota yang sebagian besar mengandalkan air sungai dan air sumur untuk kebutuhan air bersih," jelasnya.

Baca: Firza Husein Buat Histeris Kaum Hawa di Closing Ceremony Asian Games 2018, Ini Alasannya

Sementara itu, adapun para dosen yang menjadi instruktur dalam kegiatan ini yakni Ir. Muhammad Bakrie MT, Ir Agus Wahyudi MM, Muhrinsyah Fatimura MT, Husnah MT, Rully Masriatin ST MT, Retno Fitriyanti ST MT, dan Nurlela ST MT.

"Jadi kami secara bergantian memberikan materi berbeda terkait permsalahan apa yang dihadapi masyarakat khususnya tentang air bersih ini," ungkapnya.

Penulis: Yuliani
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post

Terduga Pelaku Pembunuhan Satu Keluarga Ditangkap saat Akan Daki Gunung, Ada Bukti di Tas

Berita Populer