Kanal

Bupati Musirawas H Hendra Gunawan Promosikan Kopi Selangit Dalam Lawatan ke Eropa

Bupati Musirawas H Hendra Gunawan, memerkenalkan produk Kopi Selangit kepada Sara Datuk, Co Founder Javanusa, saat kunjungan ke Belgia. - ist

Laporan Wartawan Sripoku.com, Ahmad Farozi

SRIPOKU.COM, MUSIRAWAS - Kesempatan melawat kebeberapa negara di eropa tak dilewatkan begitu saja oleh Bupati Musirawas H Hendra Gunawan. Dalam lawatan studi ke Belanda, Jerman, Belgia dan Perancis bersama beberapa bupati lainnya di Indonesia yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) itu dimanfaatkan oleh Hendra Gunawan untuk memperkenalkan "Kopi Selangit". Yaitu salah satu produk kopi unggulan dari Kecamatan Selangit Kabupaten Musirawas kepada publik di nefara eropa yang dikunjunginya.

Disetiap kesempatan ia manfaatkan untuk promosi kopi. Selain membawa brosur tentang Kopi Selangit, Hendra Gunawan juga membawa produk kopi yang sudah dikemas dan mengajak ngopi bareng.

Produk Kopi Selangit yang cukup menarik perhatian adalah kopi Luwak Liar. Karena cita rasa dan aromanya memiliki keunikan tersendiri.

H Hendra Gunawan juga sempat berdiskusi dengan Sara Datuk, Co Founder Javanusa, salah satu perusahaan kopi dunia yang berkedudukan di Brussels, Belgium. Dalam kesempatan itu, H Hendra Gunawan berharap Javanusa dapat memfasilitasi promosi Kopi Selangit Musrawas di Eropa, khususnya di Belgia.

Tak hanya itu, H Hendra Gunawan juga mempromosikan Kopi Selangit, kepada Duta Besar RI di Belgia, Yuri O Thamrin beserta jaringannya, untuk mempromosikan produk tersebut agar lebih dikenal dan dapat masuk ke pasar kopi eropa.

"Kopi Luwak Liar Selangit ini diproses secara tradisional dan bahan dasarnya diambil langsung dari alam. Sehingga produksinya tidak sebanyak luwak yang ditangkarkan. Sehingga baik aroma maupun citra rasanya akan berbeda dan memiliki kekhasan tersendiri dan memiliki nilai jual yang berbeda," ungkap Bupati Musirawas H Hendra Gunawan.

Diharapkan, dengan mulai dikenalnya produk Kabupaten Musirawas ini, khususnya Kopi Selangit, akan menjadi gerbang pembuka bagi produk-produk inovasi masyarakat Musirawas masuk ke Eropa dan menjadi peluang untuk peningkatan nilai jual produk lokal didunia internasional.

Sementara itu, Belgia merupakan negara ketiga yang dikunjungi Bupati Musirawas H Hendra Gunawan bersama rombongan yang tergabung dalam APKASI untuk belajar ke empat negara dari 28 Agustus hingga 6 September 2018.

Dua Negara yang telah dikunjungi diantaranya Belanda dan Jerman. Dan Negara terakhir yang akan dikunjungi adalah Prancis. Kunjungan Kepala Dearah ini selain untuk melakukan studi juga salah satu media untuk mempromosikan potensi daerah sehingga dapat menjadi salah satu peluang untuk menjalin kerjasama dengan dunia eropa. (ahmad farozi)

Penulis: Ahmad Farozi
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post

Viral Reaksi Ketum PSSI Edy Rahmayadi Menutup Wawancara Sepihak, soal Insiden Tewasnya The Jak Mania

Berita Populer