Kanal

Bisa Kuliah Gratis & Raih Beasiswa Khusus di 2 Prodi Univesitas PGRI Palembang

Peluncuran program kuliah gratis Universitas PGRI Palembang - Dok.Humas PGRI Palembang

Laporan wartawan Sripoku.com, Siti Olisa

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Universitas PGRI Palembang meluncurkan Program Kuliah Gratis pada program S1 MIPA Fisika dan D3 Budidaya perikanan fakultas perikanan.

Bantuan biaya pendidikan kuliah gratis ini bertujuan untuk membantu calon mahasiswa yang mempunyai kemampuan akademik namun kurang mampu secara ekonomi.

Hal ini disampaikan oleh Rektor Universitas PGRI Palembang, Bukman Lian dihadapan calon mahasiswa baru penerima Program Kuliah Gratis dan beasiswa para orang tua, Selasa (28/8/2018). 

Baca: Ayo Buruan Jangan Sampai Kehabisan, Begini Cara Beli Tiket Cloosing Ceremony Asian Games 2018

"Bagi calon mahasiswa yang masuk 30 besar dibebaskan uang pendidikan atau SPP sebesar Rp 3,95 juta, uang pembangunan dan pendaftaran. Dengan kata lain mahasiswa ini mendapatkan beasiswa penuh," ujarnya.

Bukman mengatakan untuk kepentingan pribadi seperti beli buku, pena, dan lainnya tidak ditanggung oleh Universitas PGRI Palembang. "Silakan untuk kepentingan pribadi dipenuhi sendiri," ujarnya.

Baca: Gadis Cantik Ini Bangga Bisa Menjadi Bagian Asian Games 2018, Ini Katanya

Program Kuliah Gratis ini bisa dinikmati mahasiswa pada semester awal, artinya bisa berkelanjutan dan tidak berkelanjutan.

"Kuliah gratis ini untuk awal, artinya bisa berkelanjutan dan bisa juga tidak berkelanjutan tergantung kemampuan akademik mahasiswa, tapi saya masih memberikan kesempatan di semester kedua. Untuk itu mahasiswa harus belajar dengan giat agar bisa mendapatkan hasil terbaik," ujarnya.

Baca: Bigmatch Pekan ke-21 Liga I Indonesia Menentukan Posisi Persib Bandung-Sriwijaya

Bukman mengatakan pihaknya sudah melakukan seleksi melalui tes potensi akademik, termasuk penguasaan IT dan lainnya.

"Mereka ini juga akan dites wawancara untuk memastikan mereka ini sunguh-sungguh atau tidak dan calon mahasiswa ini benar-benar anak dari keluarga kurang mampu," ujarnya.

Baca: Berikut 8 Tanda-Tanda Bahwa Penyakit Jantung Akan Menyerang Hingga ke Sumsung Tulang

Jumlah mahasiswa penerima beasiswa penuh (gratis) pada program studi Pendidikan Fisika Fakultas MIPA berjumlah 30 orang dan program studi Budidaya Perikanan berjumlah 30 orang dan apabila jumlah calon melebihi kuota dilakukan tes tertulis dan wawancara khusus.

Peringkat 1 (satu) sampai dengan 30 (tiga puluh) berhak mendapat kuliah gratis 100 persen. Peringkat 31 (tiga satu) dan seterusnya tetap diterima sebagai mahasiswa Program Studi Fisika Fakultas MIPA dan Budidaya Perikanan dengan potongan Uang Kuliah Mahasiswa (UKM) sebesar 50 persen, kecuali yang bersangkutan mengundurkan diri. 

Baca: Hadapi Cuaca Tak Menentu, Berikut Hal yang Harus Dilakukan Agar Tubuh Tetap Fit

"Mahasiswa yang diterima melalui jalur Program Kuliah gratis, tidak boleh pindah Program Studi dari kedua program studi yang digratiskan. Apabila mahasiswa tersebut pindah ke Program Studi di luar kedua Prodi tersebut, maka mahasiswa tersebut harus membayar penuh," ujarnya.

Kuliah gratis akan dievaluasi mulai tahun ke-2 (semester 3). Kuliah gratis akan diteruskan pada semester berikutnya jika mahasiswa yang bersangkutan memiliki IPK diatas 3,51,  namun jika tidak tercapai maka kuliah gratis akan dihentikan dan mahasiswa yang bersangkutan wajib membayar uang kuliah seperti mahasiswa reguler lainnya.

Penulis: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post

Beredar Foto-foto Awal Penemuan Jasad Korban Pembunuhan Sekeluarga di Bekasi, 2 Anak di Kamar

Berita Populer