Kanal

Hewan Ternak Berkeliaran di Jalan Raya Empatlawang Buat Pengendara Was-was

Sekelompok hewan ternak sapi berkeliaran di jalan lintas Lahat-Agar Alam. - Dok. SRIPOKU.COM/EHDI AMIN

Laporan wartawan Sripoku.com, A Wijaya

SRIPOKU. COM, EMPATLAWANG -- Hewan ternak berkaki empat milik warga berkeliaran bebas di kawasan Tanjungberingin Kecamatan Tebingtinggi, Minggu (26/8/2018).

Hal tersebut membuat pengendara sepeda motor yang melintas merasa was-was, karena kawanan ternak warga sering ke jalan dan membahayakan pengguna jalan.

Baca: Wapres Jusuf Kalla Tinjau Pelaksanaan Asian Games 2018 di Jakabaring Palembang

Pengamatan Sripoku.com banyaknya kawanan ternak berupa kambing ini berkeliaran di kawasan Tanjungberingin berkeliaran dan memakan sisa makanan di bak sampah warga.

"Sudah sering warga yang melintas hampir tertabrak, beruntung tidak berbahaya, ini harusnya dikandangkan oleh pemilik ternak dan jangan di lepaskan apalagi Tanjungberingin yang notabene lingkungan perkotaan, " kata Aditia, salah seorang warga Tebingtinggi.

Baca: Tangis Choi Yo Seul Warnai Upacara Pemberian Medali Emas Perdana Korea Bersatu

Dikatakanya, selain khawatir membahayakan pengendara sepeda motor karena kawanan ternak yang berkeliaran dipinggir jalan lintas tengah sumatera Tanjungberingin yang cukup ramai dilewati kendaraan.

Kawanan kambing berkeliaran terkesan menggangu pemandangan kota, Jarak kawasan Tanjungberingin Kelurahan Pasar dengan area kompleks perkantoranpun hanya sekira dua kilo.

Sunaryo, warga lainya juga mengeluhkan hal ini menurutnya ketika lewat dijalan kawasan Tanjungberingin saat berkendara ia mengurangi kecepatan karena ia tahu kawasan tersebut sering terdapat ternak warga yang dilepas pemiliknya.

Baca: Jalan Provinsi yang Menghubungkan OKU Timur & OKU Selatan Rusak Parah

"Kalau saya sudah tahu disitu masih banyak ternak dilepas, setiap lewat diingat kurangi kecepatan saja, "kata dia.

Kasat Pol PP Empatlawang, Chandra, melalui sekretaris Dinas Pol PP, Elvansyah Muda, mengatakan belum mengetahui hewan ternak berkaki empat di lepas bebaskan sudah ada perda yang mengatur atau belum.

Baca: H Syahril Hanafiah Pamit Digantikan H Edison Jaya Sebagai Pelaksana Harian Bupati Empatlawang

Menurutnya harusnya pemilik hewan ternak tidak membiarkan ternak dilepas, melainkan dikandangkan saja apalagi masih termasuk area kota Tebingtinggi.

Ia mengaku akan berkordinasi dengan atasanya untuk mensosialisasikan larangan melepas bebas hewan ternak berkaki empat di area tertentu.

"Akan saya kordinasikan dengan Kasat Pol PP, nanti kalau sudah jelas baru kita sampaikan kepada pemilih ternak jika masih dibiarkan, kita kandangkan saja ternaknya, " ungkap Elvan.

Penulis: Awijaya
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post

5 ABG Digerebek Hendak Gelar Pesta Seks di Makassar, 3 Gadis Masih di Bawah Umur

Berita Populer