Kanal

Bawaslu PALI Ingatkan Bacaleg Jangan Curi Start Kampanye. Ini Sanksi Bagi yang Melanggar

Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. - KOMPAS.COM

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Ariwibowo

SRIPOKU.COM,PALIĀ -- Setelah resmi dilantik, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) mengeluarkan surat edaran terkait larangan mendahului kampanye yang tidak sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU).

Surat edaran berupa pemberitahuan dan peringatan tersebut saat ini telah di sebar ke seluruh Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu di Kabupaten PALI agar surat tersebut disampaikan kepada masing-masing Bacaleg di partainya untuk menaati isi dalam surat tersebut.

Baca: Pemprov Sumsel Alokasi Rp 800 Miliar untuk Membayar Utang Dana Bagi Hasil

Kabar itu disampaikan satu diantara tiga anggota Bawaslu PALI Basrul S.Ap. Menurutnya, tindakan tegas berupa sangsi bakal dikenakan terhadap Bacaleg yang mencuri start kampanye.

"Sesuai PKPU bahwa kampanye Bacaleg dimulai H+3 setelah Daftar Calon Tetap (DCT) ditetapkan KPU, apabila ada kegiatan berbentuk ajakan untuk memilih salah satu Bacaleg sebelum DCT ditetapkan, maka itu merupakan pelanggaran," ungkap Basrul, Minggu (26/8/2018).

Baca: Curiga Karena Gerak-Gerik Mencurigakan, Petugaskan Berhasil Gagalkan Aksi Curanmor

Diakui Basrul, bahwa hingga saat ini, pihaknya belum menerima laporan terkait adanya Bacaleg yang mencuri start kampanye.

"Meski belum laporan, tetapi kami akan mengawasinya. Kalau ada yang melanggar bahkan ada laporan masyarakat dan itu terbukti, maka sangsi bakal diterima Bacaleg yang bersangkutan dengan kurungan penjara selama satu tahun dan atau denda sebesar Rp 12 juta," katanya.

Baca: 64 Peserta Lomba Bidar di Tanjung Raja Ogan Ilir Rebut Piala Bupati dan Seekor Sapi

Untuk menghindari sangsi tersebut, Basrul menghimbau agar seluruh Bacaleg dan Parpol agar mematuhi aturan tersebut.

"Kalau sudah waktunya kampanye, silahkan gunakan kesempatan itu sebaik-baiknya sesuai aturan. Kita juga akan menertibkan baliho atau atribut parpol maupun Bacalegnya yang terpasang diluar ketentuan," jelas Basrul.

Editor: Siti Olisa
Sumber: Tribun Sumsel

Video detik-detik Vicky Prasetyo Gerebek Angel Lelga sedang Selingkuh di Kamar Pukul 2 Dinihari

Berita Populer